Kesehatan

Konsumsi Sayur Ini, Mata Anda Pasti 'Cling'

Minggu, 25 Oktober 2015 - 23:48 | 123.68k
foto: googleimage
foto: googleimage

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesehatan itu mahal. Hanya saja hanya orang yang sakitlah yang tahu benar seberapa mahalnya kesehatan. Untuk itu sebelum semua terlambat jagalah kesehatan tubuh Anda. 

Bagaimana caranya?. Selain tetap berkosultasi dengan dokter Anda, mengonsumsi makanan yang sehat adalah tindakan prevetif terbaik. Salah satu organ yang penting dan harus kita jaga adalah mata. 

Jika berhubugan dengan makanan pilihlah makanan yang secara klinis terbukti baik untuk kesehatan mata. Demikian dikatakan dr. Anggun Rama Yudhanta, SpM sebagaimana dilansir meanhealth.co.id.  
Makanan tertentu yang Anda konsumsi, tambah Anggun, akan memberikan dampak positif terhadap mata dari dalam tubuh Anda. Perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum memilih makanan bagi kesehatan mata Anda. 

1. Sayuran Hijau Gelap 

Sayuran hijau gelap kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. “Dua antioksidan tersebut merupakan pigmen alami yang membantu mencegah degenerasi makula (bintik kuning pada mata), yang dapat menyebabkan kebutaan,” kata Anggun. 

Lutein bisa ditemukan dalam bayam, selada, dan brokoli. Sementara itu, zeaxanthin ada pada kale (borecole) dan bayam.

2. Sayuran Oranye 

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, orang yang mengonsumsi banyak sayuran oranye – yang kaya vitamin A, seperti wortel segar dan ubi jalar, memiliki risiko katarak lebih rendah. Tingginya kandungan betakaroten dalam¬¬¬¬¬ wortel juga membantu meningkatkan kejernihan mata, mencegah terjadinya rabun senja, dan memperbaiki penglihatan yang lemah.

3. Paprika

 Sayuran ini mengandung dua jenis vitamin yang berperan penting bagi kesehatan mata, yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Sedangkan vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya katarak.

4. Hindari MSG 

Untuk mencegah turunnya kemampuan penglihatan Anda, ada baiknya Anda menjauhi makanan dengan gula berlebih dan MSG (monosodium glutamat/asam glutamat). MSG mengandung neurotoxin yang bisa menyebabkan glukoma, yang menyebabkan indera penglihatan Anda makin menurun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES