Kesehatan

Waspadai Penyebab Tingginya Kematian Ibu

Sabtu, 24 Oktober 2015 - 02:18 | 41.74k
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Kematian ibu melahirkan merupakan hal yang sangat ditakutkan semua orang. Penyebab kematian inipun sangat beragam. Menurut Ketua Umum Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI), Dr Ir Giwo Rubianto MPd, malnutrisi menjadi penyebab utama tingginya angka kematian ibu melahirkan.

"Beberapa penyebab yang menyebabkan angka kematian ibu melahirkan masih tinggi yakni malnutrisi saat kehamilan, karena kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi selama kehamilan masih kurang," ujar Giwo di Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Selain malnutrisi, penyebab kematian pada ibu melahirkan diantaranya terlalu sering melahirkan, terlalu banyak melahirkan, terlalu tua melahirkan, rendahnya akses ibu hamil ke layanan persalinan. Kematian ibu saat melahirkan ini harus segera ditekan bahkan diusahakan tidak ada.

Giwo berharap kader APPI bisa berperan lebih banyak lagi untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan. "Ke depan tidak boleh ada lagi seorang ibu yang meninggal sia-sia. Kita perlu bekerja keras untuk mencapai target penurunan angka kematian ibu melahirkan," kata dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES