Kesehatan

Ancaman Tanpa Gejala, Kenali Ciri Trombosis

Rabu, 21 Oktober 2015 - 09:28 | 70.92k
Trombosis bisa membunuh tanpa gejala (Foto: mayomedic)
Trombosis bisa membunuh tanpa gejala (Foto: mayomedic)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA - Trombosis sangat membahayakan karena bisa membunuh seseorang tanpa gejala terlebih dahulu, namun ciri-cirinya bisa dikenali sehingga bisa dilakukan penanganan lebih dini.

Menurut Ketua Perhimpunan Trombosis Hematosis, Profesor Dr dr Karmel Tambunan SpPD-KHOM, trombosis sebenarnya kondisi normal jika terjadi pada kulit yang luka. Namun jika darah membeku di tempat yang salah, yaitu pembuluh darah, dapat menyebabkan kematian.

Jika pembekuan terjadi dalam pembuluh vena (dikenal dengan trombo emboli vena atau VTE - Venous Thrombo Embolism), maka akan terjadi deep vein thrombosis (DVT) yaitu penyumbatan pembuluh darah yang lazimnya terjadi di kaki. Kalau tidak segera disembuhkan maka dapat terjadi pulmonary embolism (PE) atau emboli paru yang menyebabkan sesak napas hingga kematian.

Karmel menyebutkan jika gejala DVT dan PE, sama seperti semua kasus trombosis, hampir tidak menimbulkan gejala. Namun jika bagian kaki mengalami sakit, bengkak (di salah satu kaki, bukan keduanya), kemerahan, pelebaran pembuluh vena di kulit dan kulit terasa hangat bila diraba, ada kemungkinan pasien mengalami DVT.

"Gejala PE bisa ditunjukkan dengan sesak, nyeri dada (terutama jika menarik napas), detak jantung cepat, batuk darah dan kehilangan kesadaran," ujarnya dalam diskusi bertema 'World Thrombosis Day' di Jakarta, Selasa (20/10/2015). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES