Kesehatan

Awas, Melamun Bikin Insomnia

Selasa, 06 Oktober 2015 - 01:01 | 40.60k

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Kadang-kadang tanpa disengaja kita melamunkan sesuatu. Entah itu cita-cita, atau kejadian masa lalu yang sulit untuk dilupakan. Melamun sebenarnya adalah gejala wajar yang siapapun mengalaminya. Namun hal itu akan berbahaya manakala dilakukan terus menerus dan tanpa kendali yang baik. 

Bahkan sebuah studi terbaru mengungkap bahwa terlalu sering melamun bisa menyebabkan insomnia primer. Sebab melamun terjadi disebabkan oleh otak yang tidak bisa beristirahat.
Peneliti dari University of California membandingkan scan otak dari 25 orang dengan insomnia primer dan 25 orang tanpa gangguan tidur. Hasilnya ditemukan bahwa keduanya sama-sama kompeten yang melibatkan memori. Namun, orang dengan insomnia primer tidak bisa mengendalikan dengan pikirannya, serupa dengan melamun.

Scan yang dilakukan pada orang dengan insomnia primer mengungkapkan bahwa mereka tidak bisa menutup bagian di otak yang terkait dengan fungsi berpikir dan berkhayal. Akibatnya mereka akan kesulitan fokus. Tentu saja hal itu membuat penderitanya susah berkerja di siang hari dan malamnya kesulitan tidur.

Seorang peneliti, Dr. Sean Drummond mengatakan bahwa insomnia tidak hanya mengalami kesulitan tidur di malam hari tetapi juga membuat otak mereka tidak berfungsi secara efisien siang harinya. Jadi kurangilah melamunkan sesuatu yang tidak penting. Selain itu akan membuat kinerja tidak maksimal juga bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES