Kuliner

Mantap! Kaldu Kikil Sapi Bikin Ketagihan

Sabtu, 26 September 2015 - 09:16 | 86.44k
Kaldu Kokot khas Madura. (Foto: alhafid rahmana/maduratimes)
Kaldu Kokot khas Madura. (Foto: alhafid rahmana/maduratimes)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MADURA - Hari Raya Idul Adha ini banyak hewan kurban dibagikan ke warga. Tentunya tidak semua kebagian daging yang bagus-bagus. Ada pula yang kebagian kaki (Kokot-bahasa Madura) kambing atau sapi. Bagi sebagian orang, Kokot sesuatu yang menjijikkan karena selalu bersentuhan dengan kotoran. 

Eip! Tapi jangan keburu dulu anda membuang Kokot. Sebab Kokot bisa dimasak dan rasanya bikin ketagihan. 

Bagaimana cara memasaknya? 

Siti Ramlah, seorang rumah tangga menuturkan, untuk memasak Kokot dibutuhkan keahlian karena masih jarang orang yang bisa menyajikannya dengan sempurna menjadi sebuah kuliner alternatif. 

Sebelum dimasak, Kokot yang penuh dengan Kotoran sapi atau kambing, dibersihkan terlebih dahulu. Cara membersihkannya cukup mudah. Bakarlah Kokot yang sudah dipotong dengan tulang bagian atas. Biarkan Kokot terbakar sampai mengeluarkan bau seperti sesuatu yang hangus. Dibutuhkan waktu untuk membakar Kokot, kurang lebih 3 menit. 

Usai dibakar, bersihkan Kokot yang sudah terbakar menggunakan pisau. Kotoran yang sudah terbakar, akan mudah terkelupas. Habis itu, tinggal dicuci dengan air sampai bersih. Maka Kokot akan tampak berbeda dari wujud asalnya yang kotor dan terkesan mejijikkan. 

Setelah itu, rebuslah Kokot hingga mengembang. Rebusan menggunakan kompor gas bisa memakan waktu yang agak lama, yaitu sekitar 45 menit. Namun jika menggunakan fresto, lebih singkat. 

Setelah mengembang, Kokot yang sudah mengembang kemudian diangkat. Pindahkan Kokot ke tempat masak yang baru. Tambahkan air secukupnya. Baru kemudian ditambah campuran bumbu bawang putih, bawang merah, bawang daun, merica dan ketumbar secukupnya. Bumbu digoreng dan kemudian dicampurkan ke dalam Kokot yang sudah direbus dalam wadah baru tersebut. 

Akan lebih sedap rasanya, jika ditambah dengan kacang hijau rebus yang sudah melepuh. Racikan bumbu dengan kacang hijau rebus ditambah kuah daging ini yang disebut dengan Kaldu. Jika ditambahkan Kokot tadi, maka akan jadi Kaldu Kokot. Bagi anda yang suka kecap manis, bisa ditambahkan. Atau bisa juga ditambahkan jeruk nipis secukupnya. 

Anda tertarik mencobanya? Sekali mencoba, anda bisa ketagihan. Selamat mencoba! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES