Kuliner

Sensasi Nasi Tempong, Pedasnya Seperti 'Ditempeleng'

Sabtu, 12 September 2015 - 06:15 | 61.40k
Nasi Tempong (Foto: wisatakuliner)
Nasi Tempong (Foto: wisatakuliner)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BANYUWANGI - Pernah dengar nama nasi tempong?. Nasi tempong adalah salah satu kuliner khas Kabupaten Banyuwangi. Bahasa warga setempat, tempong artinya tempeleng. Artinya, makan nasi tempong, anda akan serasa ditempeleng karena kepedasannya. Penasaran seperti apa?

Menemukan nasi tempong di Kabupaten Banyuwangi, bukanlah hal yang sulit. Hampir setiap sudut kota banyak terdapat warung penjual kuliner ini. Harganya, kisaran 8 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan?

Bagi yang masih penasaran, nasi tempong adalah nasi yang disajikan bersama lauk tahu, tempe, ikan jambal goreng beserta lauk lainya sesuai selera. Bisa ayam goreng, ikan goreng, telur asin dan beberapa lauk lainnya. Ditambah lalapan sayur mayur rebus yang disiram sambal tempong yang super pedas, karena berbahan dasar cabai rawit.

Salah satu warung penjual nasi tempong yang selalu ramai dikunjungi pembeli adalah warung Mbok Wah, di Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah. Meski pedasnya nasi tempong bisa bikin keringatan. Santapan yang satu ini paling disukai dikalangan warga Bumi Blambangan. Maka jangan heran, mulai pagi hingga malam warung Mbok Wah tak pernah sepi pembeli.

Dengan iringan musik tradisional ‘Kendang Kempul’ (musik khas Banyuwangi), para pembeli terlihat sangat lahap menikmati sensasi pedasnya.

“Pedasnya mantap, tambah sayur makin enak,” ucap Rofik, salah satu pembeli sambil mengusap peluh, Jumat (11/10/2015).

Menurut Mbok Wah, pedasnya nasi tempong ini tercipta dari cabai rawit pilihan. Ditambah terasi udang dan bumbu rahasia makin membuat rasa sambal makin nikmat dilidah.

“Bumbunya ada cabai, ada tomat, macam macam lah ada terasi udang, bawang merah, bawang putih lalu pakai bumbu turun temurun,” katanya.

Bagi yang ingin menikmati sensasi ‘Hot’ nasi tempong, datang saja ke Banyuwangi. Dijamin lidah akan ketagihan dengan nikmatnya ‘Ditempeleng’ sambal nasi tempong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Pasuruan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES