Kesehatan

Bantu Pertumbuhan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Musik

Senin, 31 Agustus 2015 - 11:38 | 46.46k
Ilustrasi. (Foto: googleimage)
Ilustrasi. (Foto: googleimage)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BANDUNG - Musik rupanya bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kecakapan anak berkebutuhan khusus (ABK), terutama bila dikenalkan sejak dini.

Pandangan itu diutarakan Ketua Umum Asosiasi Dyslexia Indonesia, Kristianti Dewi. Menurutnya, ABK memiliki keterikatan jiwa dengan musik dan itulah yang mereka manfaatkan.

"Kami ingin asah talenta mereka melalui musik karena musik mengajak mereka untuk fokus," kata Kristianti Dewi saat Diskusi Memaksimalkan Otak Anak di Melinda Hospital II, Bandung, Senin (31/8/2015).

Menurutnya, selama ini ada pandangan yang salah di kalangan orang tua yang lebih senang menitipkan ABK pada institusi pendidikan dengan harapan anaknya segera sembuh. "Padahal tidak bisa begitu. Autis disebabkan kesalahan genetika yang tidak dapat dicegah maupun disembuhkan. Yang bisa dilakukan adalah mengelola potensi mereka agar berkembang optimal," tegasnya.

Untuk memacu tumbuh kembang ABK dengan maksimal, gejala dalam proses perkembangan anak perlu dideteksi dini sebelum menginjak dua tahun. "Orang tua cukup memahami apa saja hal-hal yang wajib dikuasai seorang anak sebelum dua tahun pada umumnya, sehingga bila ada penyimpangan bisa cepat dikonsultasikan," imbuhnya.

Perempuan yang juga aktif bergerak di Melinda Child Development Center itu menambahkan jika autis lebih banyak menyerang anak laki-laki dibanding perempuan. Meski demikian, ia menegaskan jika ini bukan penyakit yang mengancam keselamatan nyawa sehingga tidak ada hubungannya dengan angka harapan hidup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES