Wisata

Bukti Rakyat Indonesia Peduli Lingkungan

Rabu, 10 Juni 2015 - 08:30 | 64.26k

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua lagi cagar biosfer Indonesia masuk Man and Biosphere Programme (MAB), UNESCO. Keduanya adalah cagar bisfer Bromo-Semeru-Tengger-Arjuno di Jawa Timur dan Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

MAB adalah program UNESCO untuk perlindungan biosfer. Program ini kali pertama diluncurkan pada 1970. Setiap tahun, aggota MAB yang terdiri dari 34 negara bersidang untuk mengesahkan penerimaan anggota baru. 

Saat ini, MAB telah memiliki 631 anggota dari 119 negara. Termasuk di dalamnya 14 cagar biosfer yang berada di lintas batas negara, antara lain danau Tonle Sap di Kamboja, Mare aux Hippopotamus di Burkina Faso, dan Pantanal di Brazil.

Selain Indonesia, dalam sidang ICC MAB tahun ini juga membahas 24 proposal cagar biosfer dari 18 negara. Yakni Aljazair, Afrika Selatan, Argentina, Bolivia, Cina, Ethiopia, Honduras, India, Iran, Italia, Kazakhstan, Meksiko, Myanmar, Portugal, Prancis, Rusia, Spanyol, dan Vietnam.

Delegasi Indonesia dipimpin Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI sebagai Ketua Komite Nasional Program Man and the Biosphere (MAB) UNESCO untuk Indonesia, Prof DrEnny Sudarmonowati didampingi Direktur Program MAB Indonesia Prof Dr Yohanes Purwanto, dan mantan Wakil Kepala LIPI Prof Dr Endang Sukara.

Selain itu Duta Besar/Deputi Wakil Tetap Indonesia untuk UNESCO Prof. Dr. T. A. Fauzi Soelaiman juga hadir perwakilan Pemda Provinsi Jawa Timur, perwakilan Pemda Kabupaten Selayar, Bupati Wakatobi, dan perwakilan dari swasta hadir pada sidang International Coordinating Council (ICC) Man and the Biosphere (MAB) ke-27 UNESCO dari tanggal 8 hingga 13 Juni di kantor pusat UNESCO di Paris.

Penetapan ini mencerminkan kepedulian yang tinggi dari rakyat dan bangsa Indonesia terhadap pentingnya keberlanjutan kehidupan umat manusia di muka bumi ditengah terjadinya kemerosotan kualitas ekosistem yang jelas sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan dan kualitas kehidupan manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES