Wisata

Habitat Rafflesia Arnoldii Jadi Objek Wisata Dadakan

Sabtu, 30 Mei 2015 - 14:36 | 75.05k
MEMATIKAN: Bunga Rafflesia Arnoldi yang sangat mematikan, kini menjadi objek wisata paling terkenal di Provinsi Bengkulu. (Foto: tizianasegato.it)
MEMATIKAN: Bunga Rafflesia Arnoldi yang sangat mematikan, kini menjadi objek wisata paling terkenal di Provinsi Bengkulu. (Foto: tizianasegato.it)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BENGKULU – Habitat bunga Rafflesia arnoldii di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu jadi lokasi wisata dadakan setelah dua kuntum bunga langka itu mekar di lokasi tersebut.

"Sudah lima hari ini didatangi pengunjung, termasuk peserta Bencoolen Travel Fair," kata Koordinator Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Holidin di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan dua kuntum bunga mekar di lokasi berjarak 400 meter dari jalan raya itu masih dapat dinikmati hingga beberapa hari ke depan.

Bunga yang mekar di habitat itu menurut Holidin adalah jenis arnoldii atau berbeda dengan jenis bunga rafflesia yang sering ditemukan mekar di hutan Kabupaten Kaur yang merupakan jenis bengkuluensis.

"Bunga pertama mekar awal pekan ini, kemudian bunga kedua mekar tiga hari berikutnya," ucapnya.

Selain dua bunga yang mekar sempurna itu, di lokasi tersebut juga masih ada sejumlah bonggol atau calon bunga yang akan mekar beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya kata Holidin, dua bunga rafflesia juga mekar bersamaan di lokasi tersebut.

Pihaknya berharap pemerintah meningkatkan status perlindungan hutan lindung itu untuk melindungi habitat bunga langka tersebut.

Sebab, lokasi itu menjadi salah satu habitat paling produktif atau sering ditemukan bunga mekar.

Salah seorang pengunjung, Gayatri mengatakan baru pertama kali melihat bunga rafflesia dan sangat terkesan.

"Saya takjub dengan keunikan bunga ini karena pertumbuhannya unik," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Satria Bagus
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES