Ekonomi Geger Beras Plastik

Video Pembuatan Beras Plastik Beredar

Rabu, 20 Mei 2015 - 07:43 | 59.89k
Foto: Youtube
Foto: Youtube
FOKUS

Geger Beras Plastik

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, CHINA – Isu beras palsu asal China yang terbuat dari campuran resin sintetis (plastik) kembali mencuat di dunia maya. Isu yang sempat merebak di tahun 2011 tersebut, perlu mendapat perhatian serius dari semua kalangan. Apalagi setelah beredarnya video tentang cara membuat beras palsu di Youtube.

Video yang diunggah pada 5 Mei 2015 itu, semakin memperkuat kebenaran atas dugaan produksi beras palsu di China. Lewat channel 889yen, jelas tertulis judul video berbahasa mandarin, yakni  China Memproduksi Beras Palsu.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria berbaju hitam sedang mengeluarkan limbah plastik buatan dalam bentuk serat berwarna putih. Seorang lagi bertindak sebagai perekam video. Ia sempat memfokuskan kamera pada beberapa tumpukan karung besar berisi serat limbah plastik.

Kemudian, plastik tersebut diurai dan dimasukkan ke dalam mesin pengolahan yang menghasilkan lelehan plastik bercampur bahan lain sampai berbentuk seperti mie. Tak berhenti disitu, masih dilakukan proses lagi, campuran berbentuk mie dibekukan dengan air, yang kemudian dipotong kecil-kecil seukuran beras. Beras imitasi berbahan campuran resin sintetis pun jadi.

Sosok yang merekam video pun sempat menggenggam hasil olahan beras palsu ke kamera. Tampak seperti beras asli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Youtube

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES