Kesehatan

Ini 12 Rahasia di Balik Buah Pisang

Jumat, 27 Januari 2017 - 11:03 | 246.92k
ILUSTRASI: Rahasia di Balik Buah Pisang. (Foto: programhamil)
ILUSTRASI: Rahasia di Balik Buah Pisang. (Foto: programhamil)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah pisang yang berasal dari wilayah beriklim tropis juga diminati masyarakat yang tinggal di negara-negara beriklim subtropis. Sebab ternyata dalam buah pisang memiliki rahasia manfaat bagi tubuh.

Buah lonjong dominan warna kuning tersebut mengandung tiga jenis gula alami. Yakni, sukrosa, fruktosa dan glukosa. Di dalam pisang juga terkandung serat sehingga cepat mengembalikan energi dan berefek cepat kenyang.

Sebuah penelitian lain terbaru membuktikan bahwa memakan dua buah pisang bisa meningkatkan energi saat olah raga selama 90 menit.

Selain itu, pisang juga mengandung tryptophan (sejenis protein) yang mampu mengubah menjadi zat serotonin yang berefek rileks, bahagia, dan mempengaruhi mood.  Hal tersebut dibuktikan MIND yang melakukan survei kepada penderita depresi, kondisinya semakin membaik setelah makan pisang. Sebab pisang dapat membantu penyembuhan penyakit kronis secara fisik maupun mental.

Kandungan buah pisang pun jauh lebih kaya ketimbang buah apel. Dibandingkan dengan apel, pisang mengandung protein sebanyak empat kali lipat, karbohidrat dua kali lipat, tiga kali lipat zat fosfor, dan lima kali lipat vitamin A dan zat besi, serta dua kali lipat vitamin dan mineral lainnya.

Apa lagi manfaat rahasia dibalik pisang? Berikut kami ulas untuk Anda:

1. Saat PMS sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. Coba  makan pisang secara rutin. Karena, pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengontrol tingkat glukosa darah, sehingga mempengaruhi suasana hati.

2. Bagi penderita anemia, sebaiknya memasukkan buah pisang ke dalam daftar menu diet. Sebab, buah pisang mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

3. US Food and Drug Administration baru-baru ini melegalkan sebuah perkebunan pisang setelah mengetahui kandungan buah pisang yang mampu menurunkan resiko tekanan darah bahkan stroke. Sebab buah tropis ini mengandung kalium sangat tinggi namun rendah garam.

4. Sebanyak 200 siswa di Twickenham School Inggris rajin mengkonsumsi buah pisang setiap kali waktu makan tiba. Karena dapat meningkatkan daya otak sehingga melancarkan saat mengerjakan soal-soal ujian. Kandungan kalium yang tinggi membuat siswa semakin waspada.

5. Kehidupan terganggu karena sering sembelit? Cobalah makan pisang secara rutin. Sebab dapat menormalkan metabolisme dan mengatasi permasalahan pencernaan lainnya.

6. Bagi seseorang yang mengalami mulas, saat mengonsumsi pisang akan terbantu meredakan rasa sakit. Hal itu disebabkan oleh efek antasi pada tubuh.

7. Sebagian orang pernah mengalami morning sickness, khususnya ibu hamil. Menghindari mual di pagi hari cobalah jadikan pisang sebagai cemilan selain itu juga bisa menjaga kadar gula darah.

8. Tak hanya daging buah yang bermanfaat, kulit pisang juga bermanfaat untuk meredakan iritasi dan mengurangi pembengkakan akibat gigitan nyamuk. Cukup gosokkan bagian dalam kulit pisang ke area yang digigit nyamuk.

9. Saat seseorang mengalami mabuk, cara tercepat meredakannya ialah minum milkshake pisang bercampur madu. Kandungan buah pisang dan gula membantu meningkatkan kadar gula yang menurun, sedangkan susu berefek menenangkan dan mengembalikan cairan dalam tubuh.

10. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan kerja menyebabkan seseorang sering makan cokelat dan keripik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 5.000 pasien rumah sakit, kebanyakan orang gemuk disebabkan oleh merasa tekanan kerja yang tinggi. Untuk menjaga nafsu makan berlebihan akibat stres kerja, sebaiknya perlu mengkonsumsi makanan tinggi vitamin B setiap dua jam sekali agar tetap stabil. Dan, buah pisang jawabannya sebab membantu menenangkkan sistem saraf.

11. Buah pisang dapat menetralisir kelebihan zat asam, mengurangi iritasi sebagai pelapis bagian dala perut. Buah ini cocok dijadikan menu bagi orang yang sedang sakit terutama bagi yang sedang menjalani penyembuhan penyakit pencernaan. Karena, memiliki tekstur lembut dan bisa langsung dimakan.

12. Masyarakat Thailand meyakini bahwa buah pisang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu hamil. Sehingga saat bayi lahir tidak menjadi sosok yang mudah marah atau emosional.

Jadi, buah pisang merupakan obat alami yang menyembuhkan berbagai penyakit. Bagaimana menurut Anda? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Persian News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES