Gaya Hidup

Mau Eksis di Medsos, Hindari Perilaku-Perilaku Ini

Minggu, 25 Desember 2016 - 16:41 | 145.74k
ILUSTRASI: (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Media sosial sudah menjelma menjadi dunia tersendiri. Penghuninya miliaran, meski bisa jadi tidak kenal fisik satu sama lain. Namun lewat medsos, yang jauh jadi dekat.

Meski sudah jadi kebutuhan, namun medsos tetaplah sebagai alat. Baik untuk berhubungan social, berbagi, dan bercengkrama dengan tema beragam. Karenanya, manfaat dan petaka juga kerap dirasakan penggunanya.

Soal manfaat, jangan ditanya. Yang paling simple adalah mendekatkan orang-orang yang jauh. Meski kadang juga menjauhkan orang-orang dekat.

Namun yang paling bahaya adalah bullying akibat mengunggah sesuatu yang tidak sesuai dan memicu kontroversi. Akibatnya tentu bisa ditebak. Di-bully jutaan orang hingga bisa masuk penjara kena UU ITE.

Apa saja perilaku buruk  yang patut dihindari dalam menggunakan media sosial? Situs Stylecaster merangkumnya untuk Anda.

1. Mengunggah Apa Saja

Banyak orang yang dengan sengaja mengunggah apa saja yang dilihatnya di depan mata. Alasannya mungkin karena bosan dan muak dengan keadaan, atau hanya ingin menunjukkan eksistensi kita saat berada di lokasi tertentu.

Padahal itu akan membawa dampak menyebalkan bagi pengguna media social yang mengikuti Anda. Saat Anda sering mengunggah itu jadi sesuatu yang menyebalkan dan dianggap tidak berguna. Lebih baik selektif mengunggah di media social. Misalnya berupa observasi menarik dan informasi unik. 

2. Mengeluh tentang Asmara

Pengguna media sosial seharusnya sadar bahwa hubungan asmara merupakan hal yang privacy. Tentang dua orang, bukan diumbar ke banyak orang.

Jika Anda mengunggahnya, itu menunjukkan bahwa Anda tidak dewasa. Sikap kekanak-kanakan akan langsung divoniskan ke Anda.

3. Mengumbar Drama 
Mengumbar drama asmara Anda juga bukan hal baik. Itu merupakan perilaku yang tidak dewasa. Jika Anda merasa tidak senang dengan seseorang atau tidak setuju dengan unggahan orang lain yang sifatnya ofensif, Anda dapat dengan mudah menghapusnya dari daftar teman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membicarakan dengannya melalui pesan pribadi. 

4. Mengeluh tentang Pekerjaan

Bicara pekerjaan juga dipandang menyebalkan. Anda akan dicap tidak professional. Karena itu, jika keterusan akan berakibat pada diri Anda sendiri.

5. Terlalu Banyak Selfie 

Terlalu banyak selfie dan mengunggahnya di media social dapat menganggu hubungan yang dijalin di kehidupan nyata Anda. Studi yang digelar tim riset media sosial di Heriot-Watt University, Skotlandia, tersebut menemukan pula bahwa mengunggah terlalu banyak foto selfie di media sosial dapat membuat orang-orang mulai membenci Anda. 

6. Membicarakan Politik

Politik akan membawa pada pertengkaran. Makanya di media sosial, bicara soal politik membikin orang enggan berteman dengan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES