Ekonomi

Telkom Bidik 300.000 Pengguna Indihome di Indonesia Timur

Senin, 11 Mei 2015 - 09:44 | 44.65k
Foto: Antaranews
Foto: Antaranews

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, MANOKWARI - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menargetkan jumlah pengguna "Indihome", layanan broadband yang memadukan fungsi telepon, internet berkecepatan tinggi dan tv kabel secara bersamaan, di Kawasan Timur Indonesia mencapai 300.000 pelanggan pada 2015.

"Sampai saat ini pelanggan indihome baru mencapai 60.000. Dengan pengoperasian infrastruktur broadband serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) kami targetkan bisa menembus angka 300.000 pelanggan," kata EVP Telkom Regional VII Kawasan Timur Indonesia Mohammad Firdaus di Kantor Telkom Manokwari, Papua Barat, Senin.

Kemarin (10/5) Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian SMPCS jaringan broadband kabel optik sepanjang 8.772 kilometer dengan investasi sekitar Rp3,6 triliun.

Kabel optik ini menjangkau delapan propinsi dan 34 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.

Menurut Firdaus, SMPCS akan menjadi tonggak baru untuk memaksimalkan layanan Telkom dengan memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data di wilayah ini.

"Pada layanan seluler, MPCS bisa menjamin 4,5 juta pelanggan Telkomsel di Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat memiliki kecepatan akses yang sama dengan layanan seluler di Pulau Jawa dan wilayah Indonesia lainnya," ujar Firdaus.

Demikian juga dengan inovasi WiFi (layanan internet kecepatan tinggi) ditargetkan dapat digelar hingga 300 titik, dari saat ini ada sekitar 160 lokasi WiFi.

"Di seluruh KTI pada tahun 2015 WiFi akan digelar hingga 300 titik. Dari total jumlah titik WiFi di seluruh Indonesia yang ditargetkan mencapai 6.000 titik," ujar dia.

Sesuai dengan keperluannya, WiFi digelar di pusat-pusat keramaian, seperti kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, termasuk area layanan umum seperti rumah sakit, terminal dan pelabuhan.

Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengatakan pembangunan SMPCS ini terdiri dari dua paket yaitu paket 1 sepanjang 5.617 km dan paket 2 sepanjang 3.155 km.

SMPCS merupakan bagian dari Id-Ring, salah satu komponen Indonesia Digital Network yang menjadi satu dari tiga program utama perusahaan pada 2015. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES