Wisata Times Indonesia 9

10 Tempat Wisata Buatan Terbaik Wajib Dikunjungi di Indonesia

Sabtu, 09 Mei 2015 - 12:41 | 6.12m
Taman Mini indonesia indah. (Foto: tempatwisataid)
Taman Mini indonesia indah. (Foto: tempatwisataid)
FOKUS

Times Indonesia 9

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia terkenal dengan panoramanya yang alami. Namun, tak menutup kemungkinan dikembangkan wisata buatan yang menarik untuk memanjakan masyarakat. Ada begitu banyak inovasi wisata buatan di Indonesia yang bisa menjadi referensi berwisata. Seiring bergesernya waktu, lokasi wisata buatan bersaing melakukan inovasi-inovasi agar tetap menarik perhatian wisatawan.

Berikut Times Indonesia merangkumnya untuk Anda, tentang 10 tempat wisata buatan terbaik yang wajib dikunjungi di Indonesia.

1. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Taman Wisata Indonesia (TMII) yang terletak di Jakarta Timur, merupakan kawasan wisata bertema budaya. Luasnya sekitar 150 hektar. TMII dibuka sejak 20 April 1975 untuk menghormati Ibu Tien Soeharto. Tersedia beberapa kawasan situs budaya Indonesia dari 34 provinsi. Terdapat sekitar 29 zona yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Seringkali TMII mengadakan pagelaran budaya yang diadakan di setiap zona budaya atau disebut dengan Anjungan Daerah. Zona budaya menampilkan rumah adat, yang berisi pakaian adat, peralatan adat, kerajinan, artefak etnografi, sejarah, senjata adatm dan lain-lain. Setiap anjungan dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium yang menampilkan tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan bermacam upacara adat.

Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh khas nusantara seperti kaos, kerajinan tangan, dan lain-lain. Tidak hanya anjungan daerah, juga tersedia berbagai rumah ibadah, sarana rekreasi, 10 macam taman, museum, dan teater atau bioskop.

2. Dunia Fantasi (Dufan) Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta

Dunia Fantasi dibuka untuk umum sejak 29 Agustus 1985, dikenal dengan sebutan Dufan. Terletak di antara Jakarta Barat dan Utara. Dufan merupakan taman hiburan edukatif terbesar dan taman wisata internasional pertama di Indonesia.

Dufan memiliki 25 wahana permainan berteknologi tinggi. Dufan dibagi menjadi 8 kawasan, yakni Kawasan Jakarta Tempoe Doeloe, Kawasan Asia, Kawasan Hikayat, Kawasan Yunani, Kawasan Eropa, Kawasan Indonesia, Kawasan Amerika, dan Kawasan Kalila. Dufan memberikan sensasi perjalanan di seluruh dunia. Buka antara pukul 10.00 – 18.00.

3. Jawa Timur Park 1 dan 2, Batu

Jawa Timur Park atau biasa dikenal dengan Jatim Park berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur, 20 kilometer dari kota Malang. Jatim Park merupakan taman rekreasi dan belajar (edukasi) yang sangat besar dan lengkap. Jatim park memiliki lebih dari 36 wahana permainan yang berbeda. Jatim Park kini menjadi ikon wisata di Jawa Timur.

Jatim Park pernah dinobatkan juara pertama sebagai wisata buatan nasional oleh menteri pariwisata.

Jatim Park dibagi menjadi dua, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Bedanya, Jatim park 1 berisi lebih banyak obyek wisata dengan lebih dari 36 wahana permainan dan pusat edukasi. Sedangkan, Jatim park 2 lebih banyak menyediakan wahana belajar daripada tempat bermain. Mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa dengan latar belakang habitatnya. Museum Satwa dan Batu Secret Zoo adalah bagian Jatim Park 2.

4. Trans Studio, Bandung

Merupakan kawasan wisata rekreasi indoor, yang menyatu dengan Trans Studio Mall. Sama halnya dengan Dufan atau Jatim Park, bedanya Trans Studio berada dalam ruangan (indoor). Ditasbihkan menjadi lokasi wisata permainan dalam ruangan terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan yang seru bagi semua kalangan.

Trans Studio banyak mengangkat tema permainan berbau acara televisi atau film dalam sebuah televisi swasta nasional. Anda sekeluarga dapat menikmati keseruan wahana yang juga mendidik. Wahana permainan di sini juga selalu diinovasi setiap tahunnya, dan menyediakan paket-paket seru untuk berwisata.

5. Museum Angkut dan Pasar Apung, Batu

Museum Angkut merupakan tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Dibuka sejak 9 Maret 2014. Terletak di Kota Batu, dekat dengan lokasi Jatim Park ini, dibangun untuk mengapresiasi perkembangan dunia transportasi nusantara dan dunia. Maka tak heran jika banyak terdapat berbagai koleksi moda transportasi mulai yang masih menggunakan tenaga hewan hingga tenaga listrik.

Dengan luas 3,7 hektar, wisatawan bisa menikmati berbagai zona yang dilengkapi ornamen-ornamen dan landmark khas setiap zonanya. Terdapat zona edukasi, zona Sunda Kelapa dan Batavia, zona Jepang, zona Uni Eropa, zona Hollywood, zona gangster dan broadway, juga museum d’topeng. Pengunjung akan merasa berada di luar negeri dari masa ke masa.

Di luar Museum Angkut tersedia Pasar Apung sebagai pusat kuliner dan oleh-oleh khas Malang Raya. Di sana dibuat sungai buatan. Konsepnya mirip dengan pasar-pasar di Kalimantan atau Thailand, proses transaksi dilakukan di atas perahu yang mengapung.

6. The Jungle, Bogor

The Jungle terletak di Bogor, dekat Jakarta. Berada dilahan seluas 3,6 hektar, The Jungle mengangkat tema wahana permainan air yang paling lengkap di Bogor. The Jungle berlokasi di Bogor Nirwana Residence.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana dan fasilitas berupa kolam anak-anak, seluncuran panjang, kolam santai, kolam arus, area futsal air, sinema 4D, rumah hantu, area kuliner, taman burung, area permainan anak non air, pusat cinderamata, area wahana salju, paintball, gokart, flying fox, dan tempat bersantai atau istirahat.

7. Water Boom Lippo Cikarang, Jabodetabek

Water Boom Cikarang merupakan taman rekreasi air seluas sekitar 3,4 hektar. Kawasan wisata air itu memuat tujuh ribu orang dengan kapasitas parkir sebanyak 500 mobil. Water boom mengangkat tema nuansa Bali yang eksotis. Suasana asri, tenang, dan menyenangkan dapat dinikmati di sini.

Hampir sama dengan The Jungle, kawasan ini menyediakan kolam arus, kolam dewasa, kolam anak-anak, kolam ceria, pusat kuliner, spa, area bermain anak-anak, outbond, terapi ikan. Sungguh cocok bagi keluarga yang berlibur bersama.

8. Kampung Gajah Wonderland, Bandung

Kampung Gajah terletak di Bandung Utara. Hampir sama dengan Jatim Park yang merupakan wisata terpadu. Mengangkat tema wisata keluarga, Kampung Gajah menyediakan fasilitas permainan darat dan air. Di Kampung Gajah juga terdapat pusat kuliner yang menjajakan jajanan khas Bandung dan menyediakan wisata belanja.

9. Eco Green Park, Kota Batu

Eco Green Park merupakan bagian dari Jatim Park 2. Terletak di kota Batu, dilahan seluas 5 hektar dan dibuka sejak 1 Juli 2012. Kawasan tersebut mengangkat tema ekosistem dan reptil yang lengkap dan bertaraf internasional. Terdapat sekitar 35 wahana edukasi yang akan memanjakan wisatawan. Wisatawan serasa berada di kebun binatang dan bisa berinteraksi langsung dengan macam-macam binatang. Lokasi ini cocok dijadikan sebagai liburan keluarga yang edukatif, inspiratif, dan sadar terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Di sana juga terdapat permainan unik bertema sains.

10. Danau Buatan Limbungan, Pekanbaru

Biasanya danau terbentuk secara alami. Berbeda dengan Danau Limbungan yang sengaja dibangun untuk pariwisata di Pekanbaru, Riau. Awalnya, Danau Limbungan dibangun untuk sarana irigasi dan perairan guna mencukupi kebutuhan air bagi pertanian sekitar. Seiring waktu berjalan, masyarakat mulai banyak yang mengunjungi hanya sekedar refreshing dan menikmati pemandangan alam dengan bukit mengitari.

Danau ini berjarak 15 kilometer dari pusat kota Pekanbaru. Wisatawan dapat menikmati suguhan pesona alam sambil bersepeda air. Ada juga panggung hiburan dan taman hiburan. Bagi penyuka olah raga, terdapat area motorcross.

Di antara kesepuluh tempat wisata buatan tersebut, berminat memilih yang mana saat liburan nanti? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Satria Bagus
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES