Ekonomi

Forum Infrastruktur Indonesia-Belanda Digelar di Den Haag

Sabtu, 02 Mei 2015 - 18:23 | 84.47k
Bendera Indonesia dan Belanda. (Foto: ANTARA)
Bendera Indonesia dan Belanda. (Foto: ANTARA)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, LONDON – Forum Infrastruktur Indonesia - Belanda ketiga yang mengangkat tema "Strengthening Indonesia-Netherlands Cooperation on Infrastructure Development" digelar di Den Haag Kamis.

Forum pertemuan pelaku usaha dan pemerintah ini dibuka Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo, dan dihadiri sekitar 170 peserta dari berbagai perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur dan pemerintah baik dari Belanda maupun Indonesia, kata Minister Counsellor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Den Haag, Azis Nurwahyudi, kepada Antara London, Sabtu.

Pada kesempatan pembukaan forum tersebut, KUAI KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo, menyampaikan bahwa penyelenggaraan Forum Infrastruktur ketiga ini diharapkan dapat menjadi sarana kerja sama bagi para pelaku bisnis kedua negara.

Horum ini difokuskan pada peningkatan kerjasama bidang pelabuhan, perikanan, infrastruktur logistik, dan perkeretaapian. Belanda memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadahi atas bidang kerja sama tersebut.

Sedangkan Staf Ahli Menteri Perhubungan Indonesia Sudiharjo menyampaikan bahwa forum ini merupakan wadah yang strategis untuk pembahasan kerja sama infrastruktur, terutama sektor transportasi mengingat Pemerintah Indonesia saat ini tengah memprioritaskan pembangunan sistem transportasi.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, Seibe Reidstra, mengatakan bahwa perkembangan kota-kota besar di dunia, termasuk Jakarta, membutuhkan infrastruktur memadahi, baik hard infrastructure maupun soft infrastructure.

Selama forum berlangsung telah dilakukan paparan dari Van Oord, Port of Rotterdam, Nederland Maritiem Land, Randstad and Freight Pro Rail, Metropolitan Region Rotterdam-Den Haag, Strukton, PT. Pelindo, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan BKPM.

Berbagai pelaku bisnis yang hadir antara lain, Royal Boskalis, Pwerusahaan Konstruksi BAM Internasional, Alstom, Damen, Arcadis, Royal Haskoning DHV dan Witteveen+Bos, sedangkan dari Indonesia hadir PT Pelindo I- IV, BKPM, PT Kereta Api Indonesia, PT LEN, dan Kementerian Perhubungan.

Kegiatan Forum Infrastruktur merupakan pertemuan antara para pengusaha Belanda dan Indonesia yang difasilitasi oleh Pemerintah kedua negara dalam rangka mendorong pengembangan kerjasama di berbagai bidang.

Forum tahun ini difokuskan pada bidang pelabuhan, perikanan, serta pembangunan jalur kereta api sesuai prioritas agenda pembangunan Indonesia. Sebelumnya tahun 2012 Infrastruktur Forum dilakukan di Den Haag dan tahun 2013 di Jakarta, demikian Azis Nurwahyudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Satria Bagus
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES