Tekno

Robot Yangyang dan Han Sangat Mirip Manusia

Kamis, 30 April 2015 - 16:35 | 58.41k
Robot seperti manusia, Yangyang. (Foto: Mirror UK)
Robot seperti manusia, Yangyang. (Foto: Mirror UK)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BEIJING – Teknologi robot semakin canggih, dan lebih menyerupai manusia. Baru-baru ini robot humanoid atau mirip manusia yang terbaru, Yangyang, diperkenalkan dalam Konferensi Internet Mobile Global (GMIC) 2015. Global Mobile Internet Conference digelar dari 28-30 April 2015 di China National Convention Center, Beijing.

Robot Yangyang menggunakan sistem android, merupakan bentuk kerjasama oleh Pusat Robot Cerdas Yangyang Shanghai Cina dan professor robotika yang terkenal, Hiroshi Ishiguro. Sebelumnya, mereka telah menciptakan beberapa robot android yang paling menghebohkan masyarakat dunia.

Robot Yangyang merupakan salah satu robot yang diproduksi, sungguh terlihat nyata. Ia mengenakan mantel panjang berwarna merah. Ia bisa menampilkan berbagai ekspresi wajah, berbicara, kepalanya bergerak, dan bersalaman. Yangyang diciptakan untuk mempopulerkan robotika di kalangan anak muda.

Yangyang bukanlah robot humanoid pertama yang diciptakan mirip orang terkenal. Pertama kali robot Han diciptakan mirip dengan Albert Einstein, lengkap dengan kumis lebat dan rambut putih ‘jabrik’-nya. Han dapat meniru ekspresi, percakapan sederhana, tersenyum, mengedipkan mata, ekspresi mengernyit, kerutan, bahkan mabuk. Pernah ditampilkan pada konferensi lain di Hongkong.

Menurut penciptanya, terdapat 40 motor pengendali wajah yang membentuk ekspresi wajah, terpusat di Hanson Robotics Amerika Serikat. Grace Copplestone, manajer perusahaan itu, mengatakan bahwa Han memiliki kamera di mata dan dadanya, memungkinkan dia untuk mengenali wajah orang, mengakui jenis kelamin, usia, mengungkapkan perasaan sedih atau bahagia. Ia juga memiliki kulit mirip dengan Yangyang, yang terbuat dari karet.

Han dan Yangyang pun memiliki pori-pori nyata ukuran 4-40 nanometer, ada 10 juta nanometer setiap satu sentimeter. Copplestone membayangkan robot Han dan Yangyang bisa bekerja di perhotelan, seperti menjadi resepsionis, taman hiburan dan museum. Bisa juga digunakan sebagai perawat untuk pasien usia lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Satria Bagus
Sumber : Daily Mail

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES