Peristiwa Peringatan 60 Tahun KAA

2 Presiden 1 Raja Tanda Tangani Bandung Message

Jumat, 24 April 2015 - 11:28 | 53.34k
Wakil Afrika, Raja Swaziland Mswati III, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, serta Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: Wikimedia)
Wakil Afrika, Raja Swaziland Mswati III, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, serta Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: Wikimedia)
FOKUS

Peringatan 60 Tahun KAA

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, BANDUNG – Bandung Message 2015 ditandatangani oleh Presiden Indonesia Joko Widodo atas nama tuan rumah, Presiden Tiongkok Xi Jinping sebagai wakil Asia, dan Raja Swaziland Mswati III sebagai wakil Afrika. Penandatanganan dilakukan di Gedung Merdeka, Bandung, pagi tadi.

Juru Bicara KAA dan juga Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Yuri Thamrin kepada wartawan di Bandung mengatakan, Bandung Message 2015 merupakan dokumen yang berisi visi negara-negara Asia-Afrika yang ingin dicapai. Di dalamnya juga terdapat deklarasi tentang Bandung sebagai kota Hak Asasi Manusia (HAM).

Selain Bandung Message, KAA ke-60 juga akan mendeklarasikan dokumen Penguatan Kemitraan Strategis Baru Asia Afrika (NAASP) yang berisi kerangka kerja implementasi dan tindak lanjut Bandung Message.
Dokumen ketiga adalah Deklarasi Palestina yang berisi delapan poin yakni menyampaikan dukungan kepada Palestina untuk meraih kemerdekaan, rasa hormat atas perjuangan dan ketabahan Palestina, mendorong solusi dua negara, mengutuk perlakuan Israel sebagai penjajah dan mengutuk serangan Israel.

Deklarasi itu juga mendorong rekonstruksi Gaza, mendorong realisasi aplikasi Palestina sebagai anggota PBB, dan mendorong negara-negara di Asia-Afrika yang belum mengakui Palestina sebagai negara untuk segera melakukannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES