Gaya Hidup

Hormat Teknologi Jadul, Bikin Record Store Day

Kamis, 23 April 2015 - 17:36 | 34.78k
Salah satu toko musik terkenal di Amerika Serikat, Amoeba Music. (Foto: CNN)
Salah satu toko musik terkenal di Amerika Serikat, Amoeba Music. (Foto: CNN)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, AS – Anda pengguna pita kaset? Mau dikemanakan teknologi musik era 80-an itu sekarang? Mungkin Anda bingung mau diapakan.

Nah, di Negeri Paman Sam, Sabtu lalu (18/4), ratusan pengecer musik mengadakan acara untuk memperingati Record Store Day, sebuah perayaan tahunan bagi toko rekaman. Banyak toko akan menjadi tuan rumah pertunjukan secara live, gambar atau foto, penandatanganan buku, dan penjualan vinyl langka.

Bagi pelanggan fanatik mereka, toko tersebut bukan sekedar toko. Mereka institusi dan komunitas budaya yang memperingati sejarah musik, display artefak, pemeliharaan scene musik lokal.

Di Amerika, dulu toko-toko kaset tumbuh subur. Sebut saja, Camelot musi, Megastore Virgin, Wherehouse musik, atau Tower Records. Kini mereka telah tertelan waktu. Sebagian besar perusahaan Amerika kini telah meninggalkan industri musik berbasis fisik seperti kaset dan telah berganti ke teknologi digital.

Banyak toko kaset pun akhirnya gulung tikar. Untuk mengenang kejayaan itu, para pengecer dan penjual kaset itu merayakannya dalam even Record Store Day. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Satria Bagus
Sumber : CNN News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES