Pendidikan

Mendikbud Titip Siswa Jaga Integritas Pendidikan

Senin, 13 April 2015 - 08:36 | 33.17k
Mendikbud, Anies Baswedan. (Foto: Google Images)
Mendikbud, Anies Baswedan. (Foto: Google Images)

TIMESINDONESIATIMESINDONESIA, JAKARTA – Ujian nasional (UN) 2015 untuk SMA sederajat pagi tadi dilangsungkan serentak mulai pukul 07.30 di seluruh Indonesia.  Beda dengan tahun sebelumnya, peserta UN tahun ini terlihat lebih santai. Ketegangan yang terjadi seperti tahun lalu tidak begitu tampak.

Apa pasal? Ya, karena UN tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Hasil UN tidak lagi menentukan kelulusan siswa. Kondisi itu membuat siswa yang jadi peserta UN lebih santai karena tingkat stresnya tidak setinggi tahun sebelumnya.

’’Memang bebannya berkurang sih. Tapi tetap saja deg-degan,’’ aku Sylviany, salah satu peserta UN di SMA Negeri 3 Kota Malang, Jawa Timur, sesaat menjelang masuk ke halaman sekolah pagi tadi (13/4).

Para guru juga meyakini, tingkat stres siswa peserta UN tahun ini lebih ringan. Apalagi beberapa sekolah juga sudah menggunakan sistem komputer untuk UN kali ini. Para siswa jadi tampak lebih enjoy dan menikmati pengerjaan UN-nya.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti juga mengakui kalau tingkat stres mereka tidak separah tahun lalu. Kepada Detik Retno mengatakan, UN tahun lalu sangat membikin stres siswa. "Ibarat menyeberangi jembatan, ketika UN tidak lagi penentu kelulusan, ya sama-sama menyeberangi jembatan tapi resikonya diperkecil. Anak itu jadi tidak memiliki beban, kelihatan kok," ujar Retno.

Sementara, Mendikbud Anies Baswedan sejak pagi tadi sidak ke sejumlah SMA di Jakarta. Anies mengapresiasi semangat para siswa yang mengikuti ujian nasional.

’’Saat ini ada sekitar 69 ribu sekolah yang berkumpul di setiap rayon dan sub rayon di seluurh Indonesia. Alhamdulillah pelaksanaan UN secara keseluruhan berlangsung aman dan lancar sesuai rencana,’’ tandas Anies.

Ia pun berpesan agar para siswa dan guru jujur dalam mengerjalan tes UN ini. ’’Saya titip jaga integritas siswa dan pendidikan di negara kita dengan berlaku jujur,’’ pesan Anies. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES