Gayeng With YM

Ketika Masalah Terhidang (3)

Minggu, 05 April 2015 - 13:07 | 38.02k
Yusuf Mansur
Yusuf Mansur

TIMESINDONESIABesar kecilnya permasalahan adalah bentuk permainan pikiran, permainan perasaan yang sedang mengalami keterpurukan dan ketersudutan, tetapi ia bisa menerimanya dengan tingkat keikhlasan yang tinggi, apalagi dibarengi dengan kesadaran bahwa apapun yang terjadi adalah kebaikan baginya, dan penerimaan resiko, maka keterpurukan dan ketersudutannya itu bukanlah kerugian adanya.

Apalagi bila kemudian dalam masa tersebut, ia mau memperbaiki dirinya dengan memantapkan niat mengayuh kehidupan baru, dengan semangat baru, dan dengan motivasi baru, yang ia sandarkan pada kebaikan hubungan baik dengan Tuhan dan sesamanya, maka bisa dipastikan, kebaikan demi kebaikan berupa perubahan suasana kehidupan akan segera menghampiri.

Sebaliknya, siapa saja yang tidak bisa mengelola sebuah musibah, tidak bisa mengelola sebuah kejatuhan dan kepahitan, maka akan berlipat-lipat kerugian yang dialaminya. Contoh sederhana misalnya, seseorang bangkrut, lalu ia tidak bisa menerima kebangkrutannya secara sewajarnya, dalam artian putus asa, biasanya ia akan lama sekali terkungkung dalam kebangkrutannya.

Apalagi bila ia alihkan kekecewaannya ke hal-hal negatif. Kerugian yang ia alami minimal dua kali. Pertama, rugi karena kebangkrutannya. Kedua, rugi karena kehilangan motivasi dan harapan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Satria Bagus
Sumber : Official Site Yusuf Mansur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES