Gaya Hidup

Ini Dia 7 Tips Menjadi Penulis

Minggu, 25 Desember 2016 - 11:23 | 70.38k
ILUSTRASI. Foto: Tulisbaca
ILUSTRASI. Foto: Tulisbaca

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berkarir menjadi seorang penulis sepertinya mudah. Namun kebanyakan penulis mengatakan, seseorang akan merasakan tantangan menjadi penulis ketika sudah memulainya.

Menulis pada dasarnya menuangkan pikiran dan opini, serta dibarengi dengan pengetahuan penulis itu sendiri. Meski terlihat mudah, merangkai kata agar pembaca mengerti bisa jadi tantangan tersendiri.

Jika Anda ingin menulis sesuatu namun merasa susah memulai, kali ini TIMES Indonesia berikan beberapa tips untuk menginspirasi dan mengasah teknis penulisan Anda. Dilansir dari Mag for Women, ini dia caranya!

1. Menulis setiap hari

Penulis yang baik adalah menulis setiap hari. Anda tidak perlu memikirkan seberapa bagus tulisan Anda, namun dengan menulis setiap hari, kemampuan seseorang dapat terus diasah. Anda bisa menulis jurnal harian. Semakin terbiasa menulis, semakin mudah Anda menuangkan pikiran.

2. Perbanyak membaca

Membaca dan menulis harus dilakukan beriringan. Dengan memperbanyak bacaan, Anda akan semakin memahami teknis dan gaya penulisan masing-masing jenis tulisan, sehingga mudah bagi Anda untuk memulai menulis sesuatu. Apalagi, banyak membaca juga akan memperbanyak perbendaharaan kata yang Anda ketahui.

3. Harus disiplin

Menjadi penulis tidak boleh lupa waktu. Anda bisa membuat jadwal menulis dan disiplin. Waktu makan, tidur yang cukup, dan hidup teratur. Saat menulis, Anda harus menjauhkan gangguan seperti ponsel, internet dan televisi. Seorang yang pemalasas tidak akan berhasil menjadi penulis.

4. Simpan ide-ide spontan

Saat jalan-jalan, di kantor, di pusat perbelanjaan, dan dimanapun Anda berada, biasanya muncul gagasan dan ide menarik untuk ditulis. Jika tidak memungkinkan menullis di saat itu juga, Anda bisa menyimpan ide dengan mencatat di buku kecil, ponsel atau iPad, sehingga Anda akan menulisnya di saat yang tepat.

5. Kritik tulisan sendiri

Menjadi seorang penulisa, harus mampu mengkritisi kekurangan diri sendiri. Anda harus membaca ulang, meng-edit, dan memolesnya.

6. Perbanyak opsi

Jika berkenan, Anda bisa meminta teman untuk membaca tulisan dan memberi kritikan serta saran yang membangun kemampuan menulis Anda. Dengan begitu, Anda mengerti pilihan-pilihan dan cara pandang pembaca serta bisa memberikan perspektif baru.

7. Jangan menyerah

Menjadi penulis memang tidak semudah yang dikira. Awalnya, Anda mungkin mengalami sejumlah penolakan dari penerbit dan kritikan pedas. Namun, seiring dengan berjalannya kemampuan dan teknis Anda, pasti akan ada yang menyukai gaya menulis Anda. Teruslah berusaha! 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Satria Bagus
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES