Kuliner

10 Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Dicoba saat Mudik Lebaran

Rabu, 10 April 2024 - 22:31 | 63.95k
Ilustrasi kuliner legendaris di Jogja. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kuliner legendaris di Jogja. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Selain memiliki banyak objek wisata, Yogyakarta juga dikenal sebagai surganya kuliner. Ada beragam jenis kuliner yang wajib dikunjungi saat anda berlibur ke kota ini.

Nah, berikut ini beberapa lokasi kuliner yang bisa menjadi refrensi bagi Anda yang sedang mudik atau berlibur di Jogja.


1. Gudeg Pawon

Wisata kuliner Jogja yang populer dan wajib dikunjungi tentu saja adalah gudeg. Satu di antara gudeng yang legendaris adalah Gudeg Pawon.

Dinamakan Gudeg Pawon, karena pengunjung bisa langsung menyantap gudeg langsung di pawon atau dapur. Pengunjung bisa melihat langsung proses gudeng ini dimasak.

Gudeg Pawon merupakan warung gudeg yang fenomenal karena antreannya yang tak pernah sepi. Gudeg Pawon berada tepat di Jalan Janturan no 36, Warungboto, Umbulharjo. 

Gudeg Pawon kini buka mulai dari pukul 18.00 hingga habis.

 

2. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk bisa menjadi alternatif ketika Anda sedang kelaparan dan ingin menikmati kuliner di Jogja pada malam hari. Sebab, kedai gudeg ini buka malam hari, sekitar pukul 23.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Menu utama yang ditawarkan dari kedai Bu Tekluk ini adalah gudeg basah. Satu porsi dari gudeg basah ini akan dilengkapi dengan berbagai jenis lauk pauk yang begitu menggoda. 

Lauk pauk yang dimaksud ini mulai dari tempe, tahu, ayam suwir, telur bacem, hingga daging ayam. Lokasi Kedai Gudeg Bromo Bu Tekluk berada di Jalan Affandi no 2A, Depok, Kabupaten Sleman.

 

3. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg Mbah Lindu merupakan satu di antara gudeg legendaris di Indonesia. Penjualnya, yaitu Mbah Lindu sudah menjajakan gudeg sejak masa penjajahan.

Gudeg Mbah Lindu bisa menjadi menu alternatif untuk sarapan. Gudeg ini buka pada pagi hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga sekitar pukul 10.00 WIB.

Kamu bisa menjumpai gudeg ini di depan Hotel Grace Yogyakarta, tak jauh dari kawasan Tugu dan Malioboro.

 

4. Sego Pecel dan Sop SGPC Bu Wiryo

Sego Pecel Bu Wiryo sudah terkenal dengan kelezatannya sejak 1959. SGPC Bu Wiryo terkenal dengan bumbu pecelnya yang medok.

Ada beragam pilihan lauk pendamping, mulai dari aneka gorengan, tempe, tahu, sate telur puyuh, sate usus, hingga telur ceplok.

Jika anda ingin makanan yang berkuah, di kedai SGPC Bu Wiryo juga ada sop daging sapi dengan kuah kaldu yang gurih.

SGPC Bu Wiryo terletak di Jalan Agro no 10, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Sleman. Wisata kuliner Jogja ini buka dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

 

5. Oseng Mercon Bu Narti

Jika Anda tidak suka dengan kuliner yang manis, Anda tidak tidak perlu khawatir.

Sebab, di Jogja juga ada banyak pilihan kuliner dengan cita rasa pedas. Satu di antaranya adalah Oseng Mercon Bu Narti. 

Kuliner satu ini cocok bagi Anda pencinta makanan pedas. Oseng mercon merupakan oseng-oseng irisan kikil, gajih, kulit, dan tulang muda yang dibumbui dengan beragam rempah dan cabai
yang meledak di mulut. 

Oseng Merco Bu Narti berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, buka dari pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.


6. Mangut Lele Mbah Marto

Masih di sekitar Bantul, terdapat kuliner dengan cita rasa gurih pedas yang terkenal yaitu Mangut Lele Mbah Marto.

Warung Mangut Lele Mbah Marto sudah ada sejak 1960 silam. Mangut lele ini dimasak dengan rempah pilihan yang membuat rasanya tak diragukan lagi.

Jika anda tidak menyukai ikan, jangan khawatir karena di kedai Mangut Lele Mbah Marto juga terdapat garang asem dan opor ayam yang tak kalah lezat.  

Kedai Mangut Lele Mbah Marto berada di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon,Bantul.
Mangut Lele Mbah Marto buka dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

7. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak merupakan kuliner legendaris yang sangat populer di Jogja selatan. Sate Klatak tak jauh berbeda dari sate kambing pada umumnya.

Yang membedakan, daging sate klatak ditusuk menggunakan jeruji besi dari velg sepeda. Sate Klatak  hanya dibumbui garam dan merica saja, serta disajikan dengan kuah yang terpisah.

Sate Klatak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, no 7, Wonokromo, Bantul. Sate Klatak Pak Pong ini buka pukul 00:09 WIB hingga sekitar pukul 11.30 WIB.

8. Sate Klatak Pak Bari

Selain Sate Klatak Pak Pong, ada juga kedai Sate Klatak Pak Bari. Kedai Sate Kaltak Pak Bari pernah dipakai syuting film layar lebar AADC 2.

Sate Klatak Pak Bari terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur no 5, Wonokromo, Pleret, Bantul. Sate Klatak Pak Bari buka malam hari mulai pukul 18.30 WIB hingga pukul 01.00 WIB.9. Mie Ayam Tumini

Selain Gudeg, di Jogja juga terkenal dengan surganya mi ayam. Di Jogja banyak terdapat mi ayam yang terkenal kelezatannya.

Di antaranya, Mie Ayam Tumini. Mi ayam legendaris ini berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Umbulharjo, tak jauh dari Terminal Giwangan.

Mie Ayam Tumini memiliki kuah kental berwarna coklat dengan potongan daging ayam dan ceker yang besar. Mie Ayam Tumini buka dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

 

10. Rujak Es Krim Pak Paino

Jika Anda ingin kuliner yang segar di siang hari, Anda perlu mencoba rujak es krim Pak Paino. Rujak es krim Pak Paino sudah ada sejak 1990.  

Rujak es krim ini berisi buah buahan, mentimun, pepaya, mangga, kedondong, nanas, besusu, dan jambu yang diserut, lalu diberi toping es krim putar santan dan sambal gula jaw. 

Rujak es krim ini mulai buka sekitar pukul 09.00 WIB hingga habis. Lokasi kuliner ini berada di Jalan Harjowinatan, Kelurahan Purwokinanti, Kemantren Pakualaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES