Indonesia Positif

KAN Jabung Syariah Jatim dan BPP Tumpang Gelar SLPHT bagi Petani Padi di Tumpang

Sabtu, 27 April 2024 - 10:50 | 9.29k
Kegiatan Sekolah Lapang Pengelolaan Hama Terpadu (SLPHT) bagi Petani Padi  yang diselenggarkan di Saung Poktan Karya Tani 01 Dusun Pulungan Ds. Pulungdowo Tumpang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Sekolah Lapang Pengelolaan Hama Terpadu (SLPHT) bagi Petani Padi yang diselenggarkan di Saung Poktan Karya Tani 01 Dusun Pulungan Ds. Pulungdowo Tumpang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKAN Jabung Syariah Jawa Timur dan BPP Tumpang menggelar Sekolah Lapang Pengelolaan Hama Terpadu (SLPHT) bagi Petani Padi Kec. Tumpang, Kab Malang.

Kegiatan ini digelar pada Kamis (25/4/2024) di Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Mengusung konsep mengajak para kelompok tani untuk membuat dan mengolah pupuk organik bersama-sama secara mandiri. Acara ini digagas oleh BPP Tumpang yang kemudian dikolaborasikan dengan program Corporate Sosial respocibilty (CSR) KAN Jabung Syariaj Jatim.  

Pengelolaan-Hama.jpg

SLPHT ini dilaksanakan sebagai wadah bertukar informasi mengenai permasalahan yang terjadi dilapangan dan refresh pengetahuan kepada para petani. Adapun peserta yang terlibat yaitu Kelompok Karya Tani 01 Desa Pulungdowo Kec. Tumpang sejumlah 25 orang, petugas BPP Wilayah Kerja Tumpang dan Pasuruan, serta  perwakilan dari KAN Jabung Syariah Jawa Timur. 

Dalam kegiatan dijelaskan setiap langkah dalam meracik komponen untuk membuat pupuk organik secara detail mulai dari komposisi, takaran dan cara mengaduk. Kemudian para petani diminta untuk menulis semua yang telah dipaparkan agar sewaktu-waktu bisa dipraktekkan di lahan masing-masing. Setelah memberi edukasi mengenai pengolahan pupuk organik, dilakukan diskusi  permasalahan yang terjadi di lapangan  untuk diberikan solusi yang terbaik untuk petani.

SLPHT.jpg

Lisa Indarwati, S.TP selaku koordinator BPP Tumpang menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan ini akan terus dilakukan sesuai dengan program BPP Tumpang dan konten yang disampaikan berbeda - beda sesuai kebutuhan petani. Diharapkan dapat menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan KAN Jabung Syariah Jatim. Ia juga menegaskan kegiatan ini diharapkan tidak hanya sebagai formalitas, tapi juga dapat memberikan maanfaat, kebaikan dan dapat berkelanjutan diterapkan di lahan masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES