Kuliner

Lima Kuliner Solo ini Bikin Kamu Lupa Daratan

Minggu, 22 Januari 2017 - 08:26 | 159.60k
Salah satu warung tengkleng makanan khas solo di timur gapura Pasar Klewer Solo (Foto: jibi foto)
Salah satu warung tengkleng makanan khas solo di timur gapura Pasar Klewer Solo (Foto: jibi foto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyicip kuliner khas Solo akan menciptakan kesan tersendiri. Pengaruh budaya Eropa  sangat kental terasa dalam kuliner khas Tanah Raja ini. Rasa yang ditonjolkan cenderung gurih manis.

Penasaran kuliner apa saja yang ada di Solo? Yuk disimak

Selat solo

Selat-SoloHchxf.jpg(Foto: Sedapkuliner)

Hidangan ini mengadopsi salad ala Belanda, para koki keraton kemudian meracik ulang menu ini yang disesuaikan dengan bahan-bahan maupun selera lokal. Selat solo biasanya terdiri dari potongan buncis, wortel, kentang, dan daging sapi yang disiram kuah semur dan dihidangkan dengan mayones.

Tengkleng

Tenglengjqn6P.jpg(Foto: Dapurresepnusantara)

Karena dulu sulit untuk menikmati daging kambing, akhirnya warga Solo memasak tulang kambing dengan harapan untuk menikmati kaldunya. Dari sinilah kemudian sop ini menjadi makanan yang wajib dicoba di Solo.

Nasi liwet

Nasi-LiwetVyG9l.jpg(Foto: Sedapkuliner)

Para pencinta kuliner nusantara pastinya sudah familiar dengan nasi liwet. Kuliner ini terbuat dari beras yang dimasak dengan kaldu ayam sehingga nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi kemudian disajikan dalam pincuk daun pisang lalu diberikan lauk berupa sayur labu siam yang dimasak pedas, telur pindang, suwiran daging ayam, dan kumut (santan yang dikentalkan).

Gudeg cuker

Gudeg-Cekeraus3U.jpg(Foto: Kulineran)

Bila Anda kelaparan tengah malam dan masih memiliki sisa kesabaran, cobalah mengantre nasi gudeg dengan potongan kaki ayam (ceker) yang dimasak dalam kuah santan hingga terasa gurih dan lembut.

Serabi notosuman

Serabi-notosumanDo2mS.jpg(Foto: intisari)

Hidangan terakhir adalah serabi notosuman. Kuliner bercitarasa manis ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas Solo yang sudah terkenal akan kelezatannya. Serabi notosuman diolah menggunakan santan, gula, dan daun pandan. Kemudian dimasak di atas arang menggunakan tungku tanah liat. Keunikan serabi ini terletak pada cara menyantapnya tanpa menggunakan kuah.

Hmm...nampaknya menggugah selera ya. Jangan lupa sempatkan mencicipi kelima kuliner itu ya jika Anda berkunjung ke Solo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Okezone

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES