Kesehatan

Cara Alami Usir Nyamuk

Jumat, 09 Desember 2016 - 02:18 | 160.43k
ILUSTRASI, Bahan bahan alami mengusir nyamuk (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI, Bahan bahan alami mengusir nyamuk (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nyamuk merupaka hewan yang menjadi musuh hampir semua orang. Karena nyamuk membawa beragam penyakit mematikan, seperti DBD dan malaria. 

Banyak cara digunakan untuk mengusir nyamuk, baik dg cara amalami maupun kimiawi. Sayabgnya cara kimiawi dinilai berbahaya bagi kesehatan. Maka banyak orang yang pindah usir nyamuk dengan cara alami. 

Dibawah ini adalah bahan-bahan alami yang ampuh untuk membuat nyamuk-nyamuk nakal pergi dari kediaman Anda. Tidak perlu sulit-sulit mencarinya karena bahan-bahan ini bahkan biasa Anda gunakan sehari-hari di dapur untuk keperluan memasak dan sebagainya.     

1. Serai 
Tidak hanya berguna sebagai bahan membuat jamu ataupun bumbu dapur, nyatanya serai mampu membuat nyamuk enggan mendekati rumah Anda. Usut punya usut, ternyata tumbuhan yang satu ini mengandung zat sironelal yang berbahaya bagi kehidupan serangga terbang tersebut.   

SeraiwW3ZJ.jpgSerai (Foto: vemale)

Nyamuk bahkan sudah mengenali zat sironelal dari baunya. Karena itulah, nyamuk akan malas mendekati ruangan yang sudah beraroma serai. Cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk cukup sulit. Anda bisa menaruhnya di tempat-tempat rawan nyamuk seperti kolong tempat tidur atau mencampurkannya dengan air untuk dijadikan cairan pel lantai.     

2. Kecombrang 
Pencinta sambal dan pepes pasti sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Ya, kecombrang memang kerap kali dijadikan sebagai bumbu pelengkap untuk membuat kedua masakan tersebut kian sedap. Namun siapa sangka, ternyata kecombrang yang akrab berada di dapur ini juga cocok ditanam di pekarangan rumah untuk mengusir nyamuk.   

Kecombrangl17DR.jpgKecombrang (Foto: Langsing)

Bunga kecombranglah yang berperan mengusir nyamuk. Karena alasan tersebut, akan menjadi tidak ampuh jika Anda hanya mengandalkan biji atau buah tanaman ini untuk menghilangkan gangguan dari makhluk yang doyan berdengung tersebut. Selain mampu membuat nyamuk kabur, bunga kecombrang juga indah menambah keindahan halaman rumah Anda.    

3. Kemangi 
Kalau Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan menyemprot-nyemprotkan cairan tertentu untuk membunuh nyamuk, kemangi dapat menjadi jawabannya. Dengan merebus kemangi kemudian mencampurkannya dengan cuka ataupun alkohol, Anda dapat membuat spray alami yang membuat nyamuk langsung sekarat. Tapi ingat, ketika menyemprotkannya, pastikan mata Anda tidak terkena.   

KemangiqUubA.jpgDaun Kemangi (Foto: apriliajoey)

Jika malas mengolah kemangi menjadispray, Anda juga bisa menaruhnya dalam wadah untuk diletakkan di ventilasi-ventilasi udara di rumah. Bau kemangi dijamin membuat nyamuk memilih menjauhi rumah Anda dan mencari mangsa baru.    

4. Sirih 
Manfaat sirih untuk mengatasi berbagai penyakit memang sudah populer dari dulu. Namun apakah Anda tahu, tanaman yang satu ini juga cocok menjadi alternatif untuk mengusir nyamuk? Cara mengolah sirih untuk menjadi obat nyamuk juga tidak ribet. Anda cukup mencampurkan sekitar 10 lembar daun sirih dengan segelas air.  

Daun-SirihPo7ND.jpgDaun Kemangi (Foto: sidomi)

Air campuran daun sirih tersebut dapat menjadi salep pengusir nyamuk yang ampuh. Jadi, ucapkan selamat tinggal kepada salep-salep kimia yang menjadi teman setia Anda selama ini untuk mencegah gigitan nyamuk,     

Bahan alami tentu lebih baik dibandingkan bahan-bahan kimia yang bisa menimbulkan efek bagi tubuh Anda ke depannya. Mencarinya pun tidak sulit karena Anda bisa saja hanya perlu singgah ke dapur sebentar untuk menemukanbumbu-bumbu dapur di atas yang ampuh mengusir nyamuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES