Peristiwa Daerah

Dirut KAI: Titik Rawan Bencana Ada di Sepanjang Jalur Selatan

Kamis, 08 Desember 2016 - 23:37 | 26.23k
Stasiun KAI Kota Baru Malang, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016). (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)
Stasiun KAI Kota Baru Malang, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016). (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Direktur Utama Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro melakukan inspeksi persiapan operasi Natal dan Tahun Baru ke sejumlah Daerah Operasi (DAOP) di jalur selatan. Dari inspeksi itu, ditemukan beberapa titik rawan longsor dan banjir.

"Kami tekankan kepada Kadaop untuk memberikan perhatian lebih terhadap sejumlah titik rawan yang ada di jalur selatan ini," ujarnya Edi saat melakukan inspeksi di Stasiun KAI Kota Baru Malang, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016).

BACA JUGA: Diprediksi Penumpang Naik, PT KAI Tambah 28 Perjalanan

Operasi Natal dan Tahun Baru ini akan mulai digelar pada 23 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017 mendatang.

Edi menjelaskan titik rawan tersebut berada di sejumlah DAOP di jalur selatan, seperti DAOP 8 terdapat 9 titik rawan seperti di Porong Sidoarjo, Wlingi Blitar, dan Kota Malang di sekitaran Kota Lama. Kemudian DAOP 7 terdapat 4 titik rawan namun satu titik yang perlu di prioritaskan DAOP 5 terdapat 4 titik rawan.

"Di hampir semua DAOP melaporkan jika sampai hari ini curah hujan tinggi. Dan jalur selatan ini merupakan jalur yang sangat peka. Rawan longsor dan banjir," jelas Edi.

Berdasarkan pemetaan area rawan bencana, Edi menekankan kepada Kadaop untuk melakukan pengawasan selama 24 jam pada titik rawan di masing-masing wilayah. Selain itu, pihaknya juga menambah sejumlah petugas pengawasan di perlintasan.

"Melalui pengawasan yang ketat, kami dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak kami inginkan. Kalau ada longsor atau banjir, kereta dapat segera mengurangi kecepatannya. Keselamatan adalah hal yang kami nomor satukan," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES