Glutera News

Tingkat Penjualan Anda Dipengaruhi Program Otak Manusia

Rabu, 26 Oktober 2016 - 05:29 | 117.58k
Ilustrasi. (gluteranews)
Ilustrasi. (gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa perusahaan-perusahaan hebat bisa makin berkembang pesat. Jawabnya, ternyata ada di rumus dasar otak manusia.

”Maka sebelum belajar tentang  kebutuhan manusia modern, terlebih dahulu kita pelajari program otak manusia,’’ tutur Andri Ariestianto, mestro Glutera Indonesia.

Manusia, sambung Andri, mempunyai dua program dalam otaknya. Satu, otak manusia primitif dan dua; otak manusia modern. 

Otak manusia primitif progamnya hanya ada dua: (1) 80% Menghindari Kesengsaraan, (2) 20% Mencari Kenikmatan.

Sedang otak manusia modern memiliki enam program: (1) Butuh Kepastian, Kenyamanan, Keamanan; (2) Butuh Variasi, Hal Baru, atau Ketidakpastian; (3) Butuh Hubungan, Relationship, Love, Connection; (4) Butuh Signifikan, Unggul, Berbeda; (5) Butuh Tumbuh Lebih Baik; dan (6) Butuh Kontribusi, Menjadi Lebih Berarti.

”Ada enam kebutuhan manusia modern yang penting yang dapat membangkitkan keinginan seseorang untuk melakukan suatu tindakan, mengambil keputusan hingga melakukan pembelian. Anda harus mempelajari enam kebutuhan manusia tersebut sehingga dapat melakukan strategi marketing yang tepat dan banyak orang yang melakukan pembelian,’’ papar Andri.

Apa keenam kebutuhan manusia itu?

1.      MANUSIA MEMBUTUHKAN KEPASTIAN DAN KENYAMANAN.

Dalam setiap segi kehidupan, manusia membutuhkan kepastian dan kenyamanan termasuk dalam membeli suatu barang atau jasa. Maka sebagai pebisnis, Anda dapat menerapkan prinsip kebutuhan tersebut.

”Anda membuat penawaran yang menarik plus sensasional agar produk dengan harga jauh lebih mahal tetapi dibeli karena mengandung faktor kepastian dan kenyamanan,” ucapnya.

2.      MANUSIA MEMBUTUHKAN VARIASI ATAU KETIDAKPASTIAN.

Anda bisa membuat suatu produk atau jasa yang berbeda dari yang lainnya agar konsumen tidak cepat bosan dengan produk yang Anda jual.

3.      MANUSIA MEMBUTUHKAN KEBUTUHAN AKAN KESAMAAN, LOVE, CONNECTION, ATAU RELATIONSHIP.

Jika dalam iklan, Anda menuliskan; “Ini adalah produk terlaris” maka ada kecenderungan orang lain untuk ikut-ikutan. Hal ini paling tepat untuk tipe orang yang bingung dalam mengambil keputusan. Maka dengan iklan tersebut, mereka akan lebih mudah mengambil keputusan.

4.      MANUSIA MEMBUTUHKAN SESUATU YANG EKSKLUSIF ATAU BERBEDA.

Anda dapat melakukan penawaran dengan memberikan info bahwa produk yang Anda jual adalah produk terbatas sehingga harganya bisa dipatok lebih tinggi. Walaupun harga dipatok lebih tinggi atau mahal, banyak orang berani untuk membeli produk tersebut karena mereka ingin terlihat berbeda dari orang lain.

5.      MANUSIA MEMBUTUHKAN SESUATU UNTUK MENJADI LEBIH BAIK.

Misalnya, Anda bisa membuat iklan seperti ini: “Sudah saatnya Anda mengganti mobil dengan yang lebih baik.” Dengan membeli mobil yang lebih baik, seseorang akan merasa tingkat kehidupannya semakin membaik.

6.      MANUSIA MEMBUTUHKAN RASA BERARTI (BERMAKNA) DALAM HIDUPNYA.

Hal ini bisa diwujudkan dalam bentuk memberi sumbangan kepada orang lain. Contoh iklan yang bisa digunakan untuk hal ini adalah: “Dengan membeli produk ini, berarti Anda sudah turut menyumbang fakir miskin dan korban bencana alam.”

Selamat belajar. berlatih, berlatih, dan berlatih. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany
Sumber : Glutera News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES