Indonesia Positif

Tampung Anak TKI di Malaysia, SMKN 2 Gandeng SIKK

Rabu, 26 Oktober 2016 - 06:07 | 47.43k
MoU SMKN 2 dan SIKK di KJRI Kinabalu, Malaysia. (Foto: kemlu for TIMES Indonesia)
MoU SMKN 2 dan SIKK di KJRI Kinabalu, Malaysia. (Foto: kemlu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KINABALU – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) menandatangani MoU tentang Kerjasama Pendidikan antara dua pihak. Penandatanganan secara sederhana dilakukan di ruang kerja Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu. Penandatanganan juga disaksikan oleh Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu dan seorang guru.

Kepala Sekolah SMKN2 Ribut Giyono mengatakan, kerjasama yang dijalin kedua pihak memfokuskan pada program "Indonesia Memanggil". Yakni, sebuah program yang memfasilitasi anak-anak WNI/TKI yang berada di Sabah. Para anak TKI ini belum mendapatkan pelayanan pendidikan di SIKK/CLC Sabah yang terbatas jumlah murid dan fasilitasnya.

“SMKN2 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu memanggil anak-anak WNI/TKI yang belum mendapatkan pelayanan pendidikan itu untuk bersekolah di SMKN 2, sebagai satu sekolah yang memiliki program sekolah inklusi, dan memiliki program Indonesia Memanggil. Saat ini SMKN2 sudah mendidik 16 siswa asal Sabah termasuk menyiapkan asramanya walaupun masih minim,’’ papar Ribut.

"Anak-anak Indonesia yang belum mendapatkan pelayanan pendidikan di Sabah, kami tawarkan untuk bisa ke Indonesia dan bersekolah di SMKN2 Tanahbumbu.  Kami siap menerima," tambahnya.

Kepala SIKK Istiqlal Makrip mengatakan SIKK saat ini memiliki murid berkisar 800 siswa terdiri dari SD, SMP dan SMA. Pada setiap jenjang sekolah, terdapat  banyak anak-anak yang memiliki potensi untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Ada banyak siswa SIKK/CLC Sabah yang kemudian mendapatkan bea siswa di berbagai sekolah, baik di sekitar Jakarta, Tanggerang maupun di berbagai sekolah lainnya.

"Anak-anak siswa kami sudah banyak yang mendapatkan beasiswa di Jakarta, Serpong, Tanggerang, Malang dan di Tanah Bumbu di SMKN 2. Semoga anak-anak itu semua dapat memanfaatkan secara maksimal bea siswa yang mereka dapatkan," kata Istiqlal .

Konsul Jenderal Indonesia di Kota Kinabalu, Akhmad DH. Irfan berharap kerjasama tersebut di masa yang akan datang dapat ditingkatkan di bidang lainnya. “KJRI Kota Kinabalu sebagai Kantor Perwakilan Indonesia di Sabah akan selalu mendukung kerjasama positif antara para pihak terlebih untuk pelayanan pendidikan kepada anak-anak WNI/TKI,’’ ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES