Peristiwa Daerah

Plt Bupati: Kades di Musi Banyuasin Harus Peka

Rabu, 12 Oktober 2016 - 16:46 | 261.97k
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa dalam Kabupaten Musi Banyuasin periode 2016-2022 di Stable Berkuda Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (12/10/2016). (Foto : Humas For Times Indonesia)
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa dalam Kabupaten Musi Banyuasin periode 2016-2022 di Stable Berkuda Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (12/10/2016). (Foto : Humas For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – PLT Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, melantik Kepala Desa (Kades) secara serentak hasil pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se - Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2016, Rabu (12/10/2016) di Stable Berkuda, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se-Kabupaten Muba tahun 2016 telah dilaksanakan secara serentak 27 Agustus lalu, diikuti 226 orang dari 65 Desa di 13 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba.

Menurut Plt Bupati Muba Beni Harnedi, hanya satu kecamatan yaitu Kecamatan Sanga Desa yang tidak melaksanakan Pilkades karena masa jabatan Kades di wilayah tersebut belum habis.

"Kepada para kepala desa sebagai pimpinan penyelenggara pemerintahan desa dapat menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan adil, makmur, sejahtera lahir dan bathin di Kabupaten Muba," ujar Politisi PDIP ini.

Pihaknya bersyukur pemilihan Kepala Desa di Muba berjalan sukses sesuai dengan rencana, sukses partisipasi yang artinya rapat pemilihan dihadiri oleh seluruh masyarakat yang berhak memilih, Kades terpilih akan memimpin enam tahun pemerintahan Desa kedepan.

Adapun 13 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak, seperti Kecamatan Sekayu ada 1 desa, Kecamatan Lais 2 desa, Kecamatan Sungai Keruh 5 desa, Kecamatan Plakat Tinggi 2 desa, Kecamatan Lawang Wetan 6 desa, Kecamatan Babat Toman 2 desa, Kecamatan Batanghari Leko 3 desa, Kecamatan Keluang 1 desa, Kecamatan Babat Supat 6 desa, Kecamatan Sungai Lilin 2 desa, Kecamatan Tungkal Jaya 7 desa, Kecamatan Bayung Lencir 14 desa dan Kecamatan Lalan 14 desa.

Sementara, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki yang hadir diacara pelantikan tersebut meminta agar kepada seluruh kepala desa di Sumsel agar lebih visioner, kreatif dan inovatif serta memberikan contoh positif bagi masyarakat.

Menurut Ishak Mekki, dengan adanya pemilihan Kepala Desa langsung oleh masyarakat mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik.

"Menjadi kepala desa tidak mudah, jadi harus bisa mengajak masyarakat mewujudkan program di desa masing-masing. Termasuk dana desa yang menjadi tanggungjawab langsung kepala desa harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada," ujar Ishak Mekki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES