Gaya Hidup

Minum Kopi Bisa Memperpanjang Usia

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 05:25 | 49.01k
ILUTRASI. Foto: kopilelaki
ILUTRASI. Foto: kopilelaki

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober ini, tepat rasanya untuk berbagi pengetahuan mengenai si biji hitam ini. Salah satunya soal keterkaitan kopi dengan usia manusia.

Sebuah riset untuk mengetahui hubungan kopi dan umur seseorang dilakukan oleh para peneliti dari enam kampus di dunia. Keenamnya yaitu Harvard School of Public Health, Brigham and Women's Hospital, Harvard Medical School, Indiana University, The Universidad Autonoma de Madrid dan the National University of Singapore.

Dilansir dari meetdoctor, penelitian itu mendapati bahwa orang yang minum kopi tiga sampai lima cangkir per hari memiliki risiko kematian dini 15 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. 

Lebih tepatnya, penikmat kopi memiliki risiko kematian akibat  gangguan jantung, diabetes, dan parkinson yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Penafsiran dari hasil penelitian ini tidak terbatas hanya pada kopi berkafein. Namun, peminum kopi tanpa kafein juga memperoleh manfaat yang sama. Artinya, peneliti meyakini bukan kafein yang memberi manfaat kesehatan tapi ada senyawa tertentu di dalam biji kopi yang membantu meredakan inflamasi dan resistansi insulin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES