Peristiwa Nasional

Menteri Desa: Adakan Pelatihan Ekonomi Desa

Sabtu, 24 September 2016 - 17:45 | 28.42k
Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat melakukan kunjungan di Sleman, Yogyakarta (Foto: Kemendesa for TIMESIndonesia)
Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat melakukan kunjungan di Sleman, Yogyakarta (Foto: Kemendesa for TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan pelatihan pemberdayaan ekonomi desa menjadi penting jika melihat potensi yang ada di desa besar. Hal ini menjadi satu kekuatan desa untuk bisa mendongkrak perekonomian dan menyediakan lapangan kerja.

"Karena yang paling tahu kebutuhan desa adalah masyarakat desa sensiri, maka potensi yang ada di desa itu bisa dikembangkan sesuai keburuhan masyarakat desa dengan tidak mengabaikan potensinya," ujar Mendes Eko di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (24/9/2016).

Mendes Eko juga mengatakan penerimaan dana desa yang semakin besar jangan digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Dana tersebut juga bisa digunakan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. 

"Dana itu bisa dipakai untuk kekmamuran masyarakat desa. Kalau infrastruktur bisa kurang terus, maka jangan dipakai buat infrastruktur saja. Buat pemberdayaan masyarakat desa. Kita alokasikan buat bumdesa, simpan pinjam, penyaluran kur, tergantung persiapan masyarakat desa," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Mendes Eko, perlu dibuat pelatihan seperti administrasi, pengelolaan keuangan, manajemen Bumdesa dan pelatihan lain yang mensupport pengembangan perekonomian desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES