Indonesia Positif

Kemendes dan Kementan Kerjasama Kembangkan Pertanian

Jumat, 16 September 2016 - 18:37 | 43.44k
Penandatanganan MoU antara Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Sekjen Kementan Hari Priyono disaksikan oleh Mendes Eko Sandjojo dan Mentan Amran Sulaiman. (Foto: Wahyu Wening for TIMESIndonesia)
Penandatanganan MoU antara Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Sekjen Kementan Hari Priyono disaksikan oleh Mendes Eko Sandjojo dan Mentan Amran Sulaiman. (Foto: Wahyu Wening for TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dalam membangun ekonomi melalui sektor pertanian. Kerjasama tersebut ditujukan untuk wilayah perbatasan dan kawasan transmigrasi.

Saat menghadiri Rakor pangan kabupaten/kota perbatasan 2016 di Auditorium Kementan Jakarta, Jumat (16/9/2016), Mendes PDTT, Eko Sandjojo mengatakan, sektor pertanian di Indonesia menjadi sangat tepat untuk dikembangkan karena berada di kawasan lahan tropis.

"Kita beruntung bahwa Indonesia berada di lahan tropis, artinya kita bisa tanam sepanjang tahun. Kita sudah bicara dengan Mentan, maka kita jadikan desa fokus pada produk tertentu," ujarnya.

Untuk itu Mendes Eko meminta peran aktif bupati di wilayah perbatasan untuk menentukan produk unggulan yang akan dikembangkan. Sebab, bupati dan walikota adalah orang yang paling mengerti keadaan dan potensi daerahnya.

"Untuk daerah yang belum fokus pada satu produk, bupati memiliki peran untuk menentukan produk unggulan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, target wilayah perbatasan negara adalah untuk membangun lumbung pangan organik. Menurutnya, tanaman organik memiliki potensi besar untuk dapat ekspor di perbatasan.

"Semua transmigrasi di perbatasan kami akan bersinergi, Menteri Desa silahkan tunjuk di mana lahanya, kemudian akan kita berdayakan melalui pertanian. Kita bangun lumbung pangan organik, kemudian mungkin bisa kita sediakan sarana pasca panen di sana," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES