Kesehatan

Jangan Buang Teh Celup Bekas, Ini Manfaatnya

Rabu, 31 Agustus 2016 - 00:43 | 1.07m
Teh celup dalam kantung memiliki beragam manfaat (Foto:pintarin.com)
Teh celup dalam kantung memiliki beragam manfaat (Foto:pintarin.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Minum teh berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Kandungan antioksidan, kafein teh, vitamin A, B kompleks, C dan E baik untuk menjaga dan merawat tubuh.  

Salah satu bentuk penyajiannya adalah teh celup dalam kantong. Umumnya setelah dipakai beberapa kali, kantung teh dibuang begitu saja ke tempat sampah.  Jangan dibuang! 

Teh celup memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Simak penjelasan berikut ini.

Atasi mata lelah atau mata panda
Teh celup dalam kantung bisa menjadi solusi mata lelah dan berkantung.  Kantung teh celup dipercaya memiliki sisa-sisa kandungan tanin. Kandungan ini mampu menyempitkan pori-pori kulit serta mengencangkannya secara alami. 

Caranya, siapkan dua kantung teh bekas (bisa teh biasa ataupun teh hijau). Lalu celupkan kantung teh ke dalam air dingin atau air es sekitar 10 menit. Tempelkan dan  kompres pada area sekitar mata yang menghitam (mata panda). Diamkan selama beberapa menit. Setelah usai, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin.

Redakan kulit yang terbakar akibat panas matahari 
Kulit terbakar akibat sinar matahari terasa perih jika disentuh. Anda bisa manfaatkan teh celup bekas untuk meredakannya.

Caranya, kantung teh celup yang dingin dikompreskan pada area kulit yang terbakar. Anda bisa pula mencelupkan kantung teh ke dalam air mandi dalam sebuah wadah, lalu bilas area kulit yang terbakar dengan air tersebut.

Rambut berkilau dengan kantung teh
Anda tinggal mencelupkan kantung teh celup yang sudah terpakai ke dalam air bilasan rambut.  Rambut semakin berkilau dan menjadi halus. 

Scrub wajah dengan teh hijau
Daun teh hijau kering di dalam kantung teh celup bermanfaat bagi wajah anda. Teh yang mengandung senyawa polifenol dan antioksidan yang berfungsi memperlambat penuaan dini. Kandungan antioksidan menyebabkan umur hidup sel tubuh menjadi lebih panjang dan regenerasi sel berlangsung lebih lancar.

Membasuh teh ke bagian muka dapat membuat kulit halus, cerah, dan menyembuhkan luka jerawat. Caranya, kantung teh dicelupkan lalu sisihkan dan tunggu sampai menjadi hangat dan tidak terlalu panas. Siapkan wadah kecil, keluarkan isi teh celup dalam kantung ke wadah.

Tambahkan madu satu sendok makan dan tepung beras secukupnya. Aduk hingga merata lalu oleskan ke wajah sebagai scrub. Gosok secara perlahan pada wajah dan biarkan sekitar 5 menit. Setelahnya, bilas dengan air hingga bersih.

Campuran scrub ini berfungsi sebagai exfoliating atau untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Kandungan madu dan tepung beras juga bermanfaat untuk menghaluskan dan juga menghilangkan noda bekas jerawat.

Obat penghilang bisul
Kantung teh dapat menghilangkan bisul. Caranya, mengkompres bisul dengan teh celup selama 15 menit dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan secara rutin hingga bisul menghilang.

Kurangi bau tak sedap dalam lemari pendingin
Kulkas di rumah anda berbau tidak sedap? Letakkan kantung teh celup bekas di dalamnya. Bau tak sedap dalam kulkas akan diserap oleh kantung teh.

Membersihkan noda pada kaca dan alat masak
Sisa cairan dari kantung teh celup bisa digunakan sebagai bahan pembersih noda pada kaca atau cermin, serta noda lemak membandel pada alat masak. Caranya, teteskan sisa air teh yang masih ada pada noda, gosok lalu bilas hingga bersih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES