Gaya Hidup

15 Tanaman Obat yang 'Wajib' Ada di Pekarangan Rumah

Senin, 29 Agustus 2016 - 01:47 | 1.98m
Memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman obat (Ilustrasi TIMESIndonesia)
Memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman obat (Ilustrasi TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jangan sia-siakan lahan yang tersisa di pekarangan rumah anda. Manfaatkan untuk berkebun dengan menanam tanaman obat.

Ada banyak tanaman tradisional yang bisa menjadi obat alami. Penggunaan obat alami kerap lebih dipilih karena relatif sedikit efek sampingnya dibanding obat dari pabrik.
 
Ada berbagai tanaman obat yang bisa ditanam di pekarangan rumah anda.  Berikut ini 15 tanaman obat yang 'wajib' mengisi pekarangan rumah anda sebagai apotek hidup.

1. Lengkuas
Lengkuas memiliki beragam manfaat. Selain sebagai bumbu dapur, lengkuas dapat membantu penyembuhan beragam penyakit.  Tanaman ini membantu mengurangi ketidaknyamanan pada perut yang disebabkan peradangan.

Kandungan analgesik dan antipiretik membantu mengurangi demam. Lengkuas bisa digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk. Untuk kulit, tanaman bernama latin alpinia galanga ini baik untuk mengobati panu.

2. Sirih
Sirih perlu ada di pekarangan rumah anda. Tanaman ini mengandung antiseptik yang dapat membantu membersihkan luka-luka. Antiseptik juga menjadi bahan pencegah infeksi jaringan yang hidup seperti permukaan kulit dan bibir, saluran kencing dan alat kelamin. Sirih juga dapat meredakan batuk anda.

3. Lidah Buaya
Tanaman yang satu ini dikenal berkhasiat bagi penyubur rambut. Aloe vera, nama latin dari lidah buaya, juga bermanfaat untuk meredakan batuk. 

4. Temulawak
Temulawak terbukti ampuh bagi penyembuhan penyakit kronis, asal rutin mengkonsumsinya. Tanaman ini baik untuk kesehatan organ organ vital seperti hati, jantung, dan ginjal. Penyakit kuning dapat diatasi dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin.

5. Jinten
Bila ada anggota keluarga yang panas, gunakan daun jinten untuk menurunkan panas. Bermanfaat juga untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

6. Jahe
Tanaman ini mudah ditemui sebagai pelengkap minuman, seperti kopi dan ateh. Jahe bermanfaat bagi penyembuhan batuk dan rematik. Jahe termasuk tanaman obat kaya manfaat kesehatan, seperti memperlancar peredaran darah, mengatasi perut kembung, mengobati migrain, mengatasi perut buncit, dan menurunkan tekanan darah.

7. Bawang Merah
Bawang merah menjadi bumbu masakan yang senantiasa hadir di dapur. Manfaat lainnya, untuk mengobati masuk angin. Bawang merah bagus untuk membantu mencegah penyakit kanker.

8. Mahkota dewa
Tanaman yang telah terkenal sebagai tanaman obat. Dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi dan detoksifikasi. Ia juga berfungsi sebagai penangkal bakteri dan anti virus serta menciptakan kekebalan tubuh. Untuk kaum pria, mahkota dewa baik bagi vitalitas.

9. Kumis kucing
Tanaman ini dapat meredakan sakit pinggang dan reumatik. Orthosiphon aristatus, nama latinnya, juga baik untuk mengobati batuk, keputihan, kencing batu, dan sembelit.

10. Sambiloto
Abaikan rasa pahitnya, rasakan manfaat sambiloto untuk mengobati berbagai penyakit. Daun samniloto dapat menyembuhkan penyakit tifus dan penurun panas.

11. Buah Mengkudu 
Buah yang bermanfaat banyak untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buahnya dapat meredakan osteoporosis.

12. Jeruk nipis
Buah yang asam ini sangat kaya manfaat. Umumnya digunakan untuk meredakan batuk. Selain itu, jeruk nipis dapat membantu mengatasi asam urat, gangguan kemih, demam, dan gangguan pernafasan.

13. Bunga Begonia
Atasi nyeri haid dengan mengkonsumsi begonia. Tanaman berasal dari Amerika selatan ini memiliki kandungan saponin, tanin, flavonoida, dan polifenol. Bunga ini juga baik untuk mengobati disentri, sakit tenggorokan, keputihan, pendarahan, dan menurunkan panas badan.

14. Bunga Melati
Daunnya berkhasiat menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Sedangkan bunganya bermanfaat mengatasi radang mata.

15. Daun Salam
Daun salam yang direbus lalu diambil airnya, mampu menurunkan kadar gula dalam darah, artinya baik juga untuk penderita diabetes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES