Gaya Hidup

Ini nih, Tips Make Up ala Raisa

Minggu, 28 Agustus 2016 - 04:24 | 116.35k
Raisa. (Foto: bintang)
Raisa. (Foto: bintang)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam merias wajah, penyanyi Raisa memiliki ciri khasnya tersendiri, yakni riasan mata yang tegas dan alis yang terbentuk rapi. Atas dasar itulah, banyak para wanita yang ingin meniru riasan penyanyi 25 tahun tersebut lantaran terlihat natural tanpa terkesan 'medok' atau berlebihan.

Marlene Hariman, penata rias yang seringkali diminta untuk mendadani Raisa pada berbagai kesempatan turut membeberkan langkah-langkah dan trik yang digunakan dalam merias pelantun 'Serba Salah' itu. Seperti apa?

1. Riasan Dasar
Riasan wajah tidak akan bertahan lama dan mudah luntur jika dasar riasan tidak diterapkan dengan tepat. Sebelum menggunakan alas bedak, pulaskan pelembab pada seluruh wajah secara merata kemudian disusul dengan base makeup atau primer yang yang berfungsi untuk 'mengikat' alas bedak pada wajah.

Setelah itu, Marlene mengaplikasikan makeup fixer, yakni semprotan wajah yang memberikan efek matte serta membuat alas bedak tahan lama dan tidak membuat kulit berminyak. 

2. Eyeshadow
Usai menyemprotkan makeup fixer, wanita 31 tahun ini tidak langsung mengaplikasikan alas bedak pada wajah Raisa. Ia terlebih dahulu menyelesaikan riasan mata.

"Aku pakai eyeshadow base dulu biar eyeshadownya tetap menempel. Terus pakai eyeshadow yang warnanya natural, cokelat bronze atau yang lebih muda. Pakai eyeshadow dulu biar serpihan eyeshadow yang jatuh nggak menempel di pipi yang sudah dirias, jadi gampang dibersihkan" ujarnya, Minggu, (28/8/2016).

3. Alas Bedak
Setelah mata dibubuhi eyeshadow barulah ia mengaplikasikan alas bedak foundation cair dengan hasil akhir matte agar wajah Raisa tidak berminyak dan hasilnya lebih tahan lama. Mengaplikasikan alas bedak bisa dilakukan dengan menggunakan kuas atau spons untuk hasil yang lebih merata.

4. Shading dan Highlight
Untuk shading, dimulai dari bagian tulang pipi terluar hingga ke sepertiga pipi dan dibaurkan samar-samar. Shading juga dilakukan di tulas hidung namun tidak terlalu berat karena tulang hidung Raisa sudah tinggi sehingga tidak perlu dibentuk terlalu berlebihan.

Sedangkan highlight dilakukan di area-area yang banyak mendapat sorotan cahaya, seperti dahi, tulang alis, dibawah mata, dan dagu. Highlight berfungsi untuk membuat wajah agar tidak terlihat 'rata' sehingga lebih berdimensi dan lebih cerah. Ada berbagai macam highlighter mulai dari krim, bubuk, hingga yang mirip seperti concealer.

5. Blush On
Pengaplikasian blush on dilakukan di antara bagian pipi yang sudah di shading dan highlight. Marlene menerapkan blush on berwarna natural seperti pink dan oranye yang bertekstur krim agar lebih mudah dibaurkan.

6. Bedak
Riasan wajah sudah hampir selesai, langkah selanjutnya adalah menggunakan bedak untuk memulas kembali wajah secara keseluruhan. Wanita yang menjadi Makeup Artist of The Year 2014 versi Wolipop ini mengatakan ia menggunakan dua macam bedak pada wajah Raisa.

"Bedaknya aku pakai bedak tabur dan bedak padat. Bedak padat dipakainya ditepuk-tepuk saja agar tidak merusak riasan. Kalau bedak tabur bisa diaplikasikan pakai kuas," ujarnya dikutip dari detik.com

7. Alis
Sama seperti beberapa penata rias lainnya, alis menjadi bagian yang belakangan dirias. Raisa terkenal dengan gaya riasannya yang natural serta alisnya melengkung simetris. Untuk soal alis, ada dua produk kecantikan yang selalu digunakan Marlene dalam membentuk alis Raisa, yakni pensil alis dan gel eyebrow yang waterproof.

8. Eyeliner dan Bulu Mata
Eyeliner digambar lurus mengikuti bentuk mata Raisa kemudian ditambahkan bulu mata yang tidak terlalu tebal dan panjang untuk memberikan hasil yang lebih natural. Agar bulu mata palsu tidak terlalu kentara perbedaannya, sapukan maskara setelah pemasangan bulu mata dan jepit bulu mata bersamaan agar menempel dengan sempurna.

9. Lipstik
Sebagai pelengkap riasan, penata rias yang memulai kariernya delapan tahun lalu ini memulaskan lipstik berwarna nude, pink, atau coral pada bibir Raisa. Biasanya lipstik juga disesuaikan dengan warna blush on untuk memberikan kesan wajah lebih segar.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES