Peristiwa Daerah

Ritual Jit Gwee, Klenteng Kwan Sing Bio Bagi Buceng

Rabu, 24 Agustus 2016 - 17:02 | 61.10k
Warga mengantri dengan tertib untuk mendapatkan beras gratis di Klenteng Kwan Sing Bio, di Kabupaten Tuban, Rabu (24/8/2016). (Foto : Ardiyanto/TIMESIndonesia)
Warga mengantri dengan tertib untuk mendapatkan beras gratis di Klenteng Kwan Sing Bio, di Kabupaten Tuban, Rabu (24/8/2016). (Foto : Ardiyanto/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Umat Klenteng Kwan Sing Bio, di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) menggelar ritual sedekah bumi yang biasa di gelar pada bulan ke tujuh, tahun imleks hari pertengahan atau Jit Gwee, Rabu (24/08/2016).

Di momen ritual Jit Gwee ini, umat Klenteng menyediakan sebanyak 2 ribu bungkus buceng yang berisi nasi putih dan mie instan. Sebelum ritual berebut nasi buceng, umat Klenteng mengawalinya dengan ritual sembahyang rebutan yang di gelar di dalam klenteng.

Gunawan Putra Wirawan, Ketua Umum Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Menyatakan, dua ribu bungkus buceng itu enam ratus buceng diantaranya telah dibagikan kepada umat klenteng, sementara seribu empat ratus buceng disediakan untuk di perebutkan.

"Makna dari rebutan ini adalah kita memberi hormat kepada leluhur, sahabat atau teman teman yang telah meninggal dunia, dan arwahnya tidak terawat oleh keluarganya," jelas Gunawan. Seribu empat ratus buceng yang disediakan panitia, dengan sekejap langsung habis direbut warga yang telah menunggu ber jam-jam.

Menurut Gunawan, ritual Jit Gwee tahun 2016 ini juga disediakan beras yang dibagikan secara gratis ke masyarakat, khususnya warga sekitar Klenteng Kwan Sing Bio. Beras yang dibagikan secara gratis seberat 5 kilogram. 

"Total keseluruhan beras yang kami sediakan tahun ini 5 ton. Dibanding tahun lalu yang hanya 3 ton beras saja. Tujuannya adalah selain kita menggelar ritual Jit Gwee, kita juga berbagi kepada masyarakat sekitar klenteng," sambung gunawan.

Satu diantara warga yang datang di ritual Jit Gwee, Siti, mengaku baru pertama kali mengikuti pembagian beras gratis di klenteng. Demi mendapat beras gratis, Ia rela berdesak-desakan seraya menggendong anaknya yang masih balita. 

"Alhamdulilah, mendapat beras gratis 5 kilogram. Baru tahun ini aku ikut antri pembagian beras di klenteng," ucap warga Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES