Wisata Dari Desa untuk Indonesia

Pertemuan Desa Wisata Se-Jateng di Purbalingga

Rabu, 24 Agustus 2016 - 16:58 | 54.11k
Rumah Pohon Igir Wringin di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga ( Foto: Dinbudparpora Purbalingga for TIMESIndonesia)
Rumah Pohon Igir Wringin di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga ( Foto: Dinbudparpora Purbalingga for TIMESIndonesia)
FOKUS

Dari Desa untuk Indonesia

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Desa wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, akan menjadi tuan rumah pertemuan para pengelola desa wisata se-Jateng. Pengelola yang tergabung dalam Forum Komunikasi Desa Wisata (FK-Deswita) ini akan berlangsung dua hari, 26-27 Agustus.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno MSi, mengungkapkan, dipilihnya Desa wisata Panusupan, karena dinilai memiliki kemajuan yang pesat dalam pengembangan desa wisata di Jateng.

Pada jambore kelompok sadar wisata akhir bulan Juli 2016 lalu, Panusupan mampu meraih tiga nomor kejuaraan dari empat nomor yang dilombakan. ‘Dalam hal kelembagaan pengelolaan desa wisata, Panusupan ditetapkan sebagai terbaik ke-III se Jateng pada tahun 2016 ini,” kata Prayitno, Rabu (24/8/2016).

Menurut Prayitno, pertemuan FK Deswita merupakan ajang tukar pengalaman dan informasi dalam pengembangan desa wisata se-Jateng. Berbagai hal dibahas agar upaya pengembangan desa wisata terus meningkat dan mampu menggerakan perekonomian warga di desa.

“Forum ini merupakan pertemuan tiga bulanan dan sangat baik sebagai ajang evaluasi serta bertukar pengalaman sesama pengelola desa wisata,” kata Prayitno.

Prayitno menambahkan, selain dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan FK Deswita, Desa wisata Panusupan dalam waktu dekat ini juga disertakan dalam lomba pengelolaan desa wisata tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.

“Selain itu, pada tanggal 28 Agustus hingga 1 September 2016, perwakilan pengelola desa wisata Panusupan juga mendapat kesempatan untuk mengikuti temu mitra pengelola desa wisata di Bali. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jateng,” kata Prayitno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES