Peristiwa Daerah

Untuk Publikasi Potensi Desa, Purbalingga Membentuk Agen Perubahan Informatika

Jumat, 19 Agustus 2016 - 19:38 | 42.54k
Pembentukan dan Pelatihan Agen Perubahan Informatika (API) di Dedung Ardi Lawet Kompleks Setda Purbalingga, Jumat 19 Agustus 2016 ( Foto : Edi Siswanto / Purbalingga TIMES )
Pembentukan dan Pelatihan Agen Perubahan Informatika (API) di Dedung Ardi Lawet Kompleks Setda Purbalingga, Jumat 19 Agustus 2016 ( Foto : Edi Siswanto / Purbalingga TIMES )

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Telematika, Kementrian Kominfo RI, menyelenggarakan kegiatan pembentukan dan pelatihan Agen Perubahan Informatika (API).

Acara dengan tema “Desa Membangun Indonesia melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi” dikiuti oleh 106  orang dari perwakilan dari desa dan 18 orang dari Kecamatan.

Program API Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia merupakan program penggerak revolusi mental di bidang informatika.

Salah satu tujuan program ini memberikan edukasi masyarakat perdesaan agar menggunakan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan Website Desa dan Sistem Informasi Administrasi Perdesaan.

“Kegiatan ini juga berguna untuk membantu pemerintah desa dalam mengelola dan menginformasikan sumber daya dan potensi desa,” ucap Kepala Dinhubkominfo Purbalingga  Yonathan Eko Nugroho, Jumat (19/8/2016).

Lanjut Yonathan, Kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi penggerak revolusi mental dibidang informatika, dan mampu menggunakan dan memanfaatkan TIK dan internet secara cerdas, kreatif dan produktif. Serta dapat mempromosikan, menularkan serta memberikan edukasi kepada masyarakat di daerah perdesaan.

Sementara itu, menurut Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo RI Septriana Tangkari, Renstra Kementerian Kominfo tahun 2015 - 2019, telah ditetapkan berbagai program yang mendukung program unggulan Nawacita Presiden Joko Widodo, khususnya Nawacita ke tiga "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan".(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES