Peristiwa Daerah

Banjir Rendam Lima Desa di Sampang

Sabtu, 02 Juli 2016 - 14:09 | 39.43k
Ilustrasi banjir di Sampang-Madura. (Foto: surabayaonline)
Ilustrasi banjir di Sampang-Madura. (Foto: surabayaonline)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebanyak lima desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur terendam banjir akibat meluapnya Sungai Kemuning. Banjir tejadi menyusul hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut sejak Jumat (1/7/2016) malam.

"Banjir luapan Kali Kamuning sampai saat ini telah menggenangi sebagian kota Sampang dan 5 desa yaitu Desa Kamuning, Pasean, Tanggumung, Panggung, Gunung.Maddah, Kelurahan Dalpenang dan Rongtengah dengan ketinggian berkisar 50 cm sampai 100 cm," terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (2/7/2016) dalam keterangan persnya di laman bnpb.go.id.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat banjir ini maka akses jalan dari Kota Sampang ke arah Kecamatan Omben untuk sementara ditutup sampai air surut dan benar-benar bisa dilalui.

"Jika tidak ada curah hujan tambahan pada hari ini maka diperkirakan air akan surut sore nanti sekitar pukul 16.00 WIB," ucapnya.

sebagai langkah antisipasi, BNPB mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang bersama unsur terkait untuk melakukan penanganan darurat, sekaligus memantau situasi dan perkembangan berikutnya.

Sutopo menambahkan, meski sekarang sudah memasuki musim kemarau, curah hujan masih akan tinggi untuk beberapa waktu ke depan.

"Ini disebabkan anomali cuaca dan pengaruh La Nina yang menyebabkan curah hujan di atas normal," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati karena diprediksi selama mudik Lebaran kali ini intensitas hujan masih tinggi, khususnya di Pulau Jawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : BNPB

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES