Peristiwa Nasional

Mudik via Jalur Pantura? Waspadai Banjir Rob!

Jumat, 01 Juli 2016 - 17:08 | 39.21k
Ilustrasi banjir rob (Foto: tribunnews)
Ilustrasi banjir rob (Foto: tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat yang mudik pada Lebaran 2016 kali ini untuk mewaspadai potensi banjir rob di wilayah jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

"Potensi rob tetap tinggi, terutama terjadi di kota-kota bagian utara Jawa, Pekalongan, Semarang, dan daerah-daerah pantai utara," papar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Ia menjelaskan jika potensi rob tetap ada dikarenakan fenomena alam yaitu pasangnya air laut yang dipengaruhi gravitasi.  Selain itu, potensi rob akan semakin besar apabila ditambah hujan lebat yang memang diperkirakan berintensitas tinggi pada Juli mendatang.

Meski demikian, Sutopo menyebut potensi gelombang laut tinggi seperti yang terjadi beberapa hari lalu, cenderung tidak terjadi dan takkan mempengaruhi jalur mudik via laut.

"Gelombang tinggi tidak terlalu ekstrim. Kondisinya tidak terlalu mengkhawatirkan seperti yang terjadi beberapa hari lalu," imbuhnya.

Berdasarkan data BMKG, gelombang tinggi diperkirakan hanya akan terjadi di Samudera Hindia yang berimbas ke pesisir selatan Jawa dan pesisir barat Sumatera. Untuk itu, Sutopo mengimbau masyarakat yang hendak berwisata di pantai-pantai selatan Jawa untuk waspada dan berhati-hati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES