Gaya Hidup

Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil

Sabtu, 25 Juni 2016 - 14:46 | 73.48k
Ilustrasi. (Foto: semberani.com)
Ilustrasi. (Foto: semberani.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mudik lebaran merupakan tradisi tahunan yang selalu dinanti oleh banyak orang. Saat ini banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Salah satu alasannya adalah saat di kampung tidak perlu repot mencari atau meminjam kendaraan untuk jalan-jalan atau keperluan lain.

Bagi Anda yang memilih mudik dengan mobil pribadi, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai mudik dengan kendaraan sendiri justru membuat Anda dan keluarga menjadi tidak nyaman dalam perjalanan. Berikut tips mudik menggunakan mobil pribadi yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Cek Kondisi Mobil
Mengecek kondisi mobil memang sangat penting, akan tetapi tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Sebelum mudik, sebaiknya membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel kepercayaan.

2. Packing Barang dengan Rapi
Meskipun mudik menggunakan mobil pribadi, kerapian barang bawaan juga membantu perjalanan Anda terasa lebiih nyaman. Sebaiknya hindari membawa barang bawaan terlalu banyak. Pilih yang benar-benar diperlukan saat berada di kampung halaman.

3. Jaga Kondisi Tubuh
Persiapkan diri Anda baik secara fisik maupun psikologis, terutama jika Anda menyetir sendri. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi juga lelah. Sebelum mudik, periksa kesehatan Anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.

4. Kecepatan Berkendara
Saat mudik dengan mobil pribadi, atur kecepatan kendaraan Anda. Jangan mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan. Selain itu, mematuhi rambu lalu lintas juga sangat penting. Buatlah perjalanan mudik Anda dan keluarga senyaman mungkin dengan berkendara secara aman.

5. Istirahat saat Lelah dan Ngantuk
Jangan paksakan terus melanjutkan perjalanan jika sudah merasa lelah dan mengantuk. Sebaiknya Anda beristirahat di posko-posko istirahat yang tersedia di sepanjang perjalanan. Jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES