Peristiwa Nasional

Maksimalkan Keramba Apung, Perekonomian Situbondo Mulai Terangkat

Senin, 20 Juni 2016 - 07:51 | 41.64k
Ilustrasi. Hasil panen dari keramba apung. (Foto: Times Indonesia)
Ilustrasi. Hasil panen dari keramba apung. (Foto: Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigasi (Kemendes PDTT) terus mendorong pengentasan daerah tertinggal di Indonesia. Salah satunya dengan memacu masyarakat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki di daerah pantai dengan memberikan peralatan dan modal budidaya keramba apung.

"Kabupaten Situbondo secara geografis berada di pesisir pantai. Inilah mengapa pemerintah ingin agar potensi laut dapat digunakan secara maksimal, diantaranya dengan bantuan keramba apung ini," ujar Dirjen Pembangunan Daerah Tertiggal (PDT) Singgih Wiranto, Minggu (19/6/2016).

Singgih mengakui animo masyarakat cukup tinggi untuk terlibat dalam peningkatan ekonomi perikanan setelah adanya pemberian keramba apung. Oleh karena itu, Singgih cukup optimis hal ini dapat meningkatkan status Situbondo keluar dari kategori kabupaten tertinggal.

Kabupaten Situbondo hingga saat ini masih masuk dalam daftar kabupaten tertinggal bersama tiga kabupaten lainnya di Jawa Timur, yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, dan Bondowoso. "Situbondo memiliki masalah fiskal, yakni Pendapatan Asli Daerah masih minim, sehingga ketergantungan terhadap pusat tinggi. Apalagi IPM-nya masih berada di bawah rata-rata," ujarnya.

Selain pemberian bantuan keramba apung, Singgih megatakan bahwa dana desa juga memiliki andil besar dalam meningkatkan status Situbondo dari kategori tertinggal. "Di sini dana desa sudah digunakan untuk membangun tempat penampungan dan pencucian ikan serta perbaikan infrastruktur seperti jalan desa dan talut pencegah banjir," kata Singgih.

Ditjen PDT pada 2015 silam telah mengucurkan anggaran senilai 10,2 miliar untuk pengetasan kabupaten tertinggal. Jumlah itu diantaranya digunakan untuk bantuan keramba apung sebesar 6,7 miliar, peningkatan produksi jagung senilai 578 juta, dan 1,2 miliar untuk 35 unit sepeda roda tiga sebagai sarana angkutan produksi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES