Peristiwa Nasional

Cegah Banjir, Dana Desa Digunakan Bangun Talut

Sabtu, 18 Juni 2016 - 15:35 | 55.17k
Ilustrasi. Pembangunan talut. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. Pembangunan talut. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MAGELANG – Prioritas penggunaan dana desa di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan desa, salah satunya upaya pencegahan banjir dan longsor dalam menghadapi musim penghujan melalui pembangunan talut.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Magelang, Zainal Mustofa, saat menerima kunjungan tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) Kemendesa PDTT. "Pembangunan talut ini sudah berdasarkan musyawarah desa (musdes) yang rutin berjalan," ujar Zainal.

Berdasarkan rilis yag diterima, Sabtu (18/6/2016), Zainal mengaku melakukan pembangunan talut secara merata. Zainal membagi dana desa tahun 2015 secara merata di lima dusun. "Dana desa ini kami bagi ke lima dusun. Setiap dusun mendapatkan alokasi dana sebesar 40 juta," terangnya.

Zainal juga menyatakan, pembangunan talut sepanjang 120 meter dan tinggi 1,5-3 meter yang menjadi salah satu program penggunaan dana desa dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat. "Seperti amanah Menteri Desa Marwan Jafar, proyek ini dikerjakan oleh masyarakat secara padat karya atau swakelola," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, penyaluran dana desa tahap pertama di Kabupaten Magelang tahun ini baru 50 persen atau sekitar Rp113 miliar dari total anggaran Rp226 miliar. Dana desa tersebut telah disalurkan kepada 210 desa dari total 367 desa. 

"Penyaluran sedikit tersendat karena ada desa-desa yang belum memenuhi ketentuan sehingga pencairan dana desa belum bisa dilakukan. Itulah salah satu alasannya kenapa baru bisa 50 persen karena ada desa-desa yang belum memenuhi ketentuan yang ada," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES