Peristiwa Nasional

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Agenda Kemendagri

Selasa, 31 Mei 2016 - 14:12 | 39.14k
Ilustrasi. (Foto: okezone.com)
Ilustrasi. (Foto: okezone.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang bulan Juni 2016 untuk memperingati hari lahir Pancasila. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara.

"Diharapkan melalui kegiatan seperti ini dapat mengingatkan kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di berbagai aspek kehidupan," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Dodi Riyadmadji, dilansir dari laman resmi Kemendargri, Selasa (31/5/2016).

Kegiatan pertama yang diagendakan adalah pelaksanaan Apel Bendera di halaman Kemendagri pada Rabu, 1 Juni 2016. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kegiatan selanjutnya adalah "Indonesia Bersyukur" yang akan digelar pada Rabu malam di Tugu Proklamasi Jakarta bersama Aliansi Organisasi Masyarakat, yang dikoordinir oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf.

Tak hanya itu, Kemendagri masih akan mengadakan sejumlah kegiatan untuk memperingti hari lahir Pancasila tersebut. Di antaranya adaah pagelaran wayang kulit yang menghadirkan delapan dalang, 17 pesinden dan 45 pengrawit. Serta mengadakan pertunjukan wayang golek pada 4 Juni 2016 di halaman IPDN, Jatinangor, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Dodi mengatakan, kelahiran Pancasila tidak terlepas jasa Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang akrab disapa Bung Karno. Sang Proklamator kemerdekaan Indonesia itu, untuk pertama kalinya, pada tanggal 1 Juni 1945 menyampaikan pidato tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dalam sidang BPUPKI.

"Mengingat 6 Juni sebagai hari lahir Bung Karno, maka pada bulan Juni ini diperingati juga Bulan Bung Karno," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Kemendagri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES