Peristiwa Daerah

Soal Listrik Kepulauan, PLN Diminta Tidak Egois

Selasa, 31 Mei 2016 - 13:33 | 41.16k
Tiang listrik di pelabuhan Gayam Kepulauan Sapudi Sumenep yang tidak berfungsi. (Foto: Busri Toha / SumenepTIMES)
Tiang listrik di pelabuhan Gayam Kepulauan Sapudi Sumenep yang tidak berfungsi. (Foto: Busri Toha / SumenepTIMES)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Permasalahan listrik di Kepulauan Sepudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak akan terselesaikan tanpa ada langkah kongkrit dari PLN. Warga berharap, PLN mempunyai langkah kongkrit untuk mengatasi permasalahan pasokan listrik di wilayah kepulauan.

Dalam salah satu pertemuan di forum bersama Wakil Gubenur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, warga meminta agar listrik di wilayah tersebut bisa dinikmati sebagaimana di wilayah daratan.

”Listrik di kepulauan ini, bisa dikatakan tidak pernah normal. Dulu, pernah meminta disediakan lokasi. Sudah disediakan dengan kompensasi, anaknya dijadikan sebagai karyawan. Namun, setelah disediakan ternyata tidak ada komunikasi lagi dari PLN,” ujar salah satu warga di depan wakil Gubernur.

Menanggapi itu, Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah mencoba mencari petugas dari PLN di wilayah tersebut. Namun, ternyata dari pihak PLN tidak hadir dalam pertemuan itu.

”Makanya, kita minta PLN untuk tidak egois dan mengajak bicara pemerintah daerah, untuk memastikan langkah-langkah kongkrit dan nyata bagaimana kepulauan ini bisa mendapatkan listrik,” tandas Gus Ipul.

Sebenarnya, kata Gus Ipul, warga bisa diajak musyawarah. Asal, dari pihak PLN menyatakan dengan jujur bahwa sudah tidak mampu lagi mengatasi listrik di wilayah kepulauan. Termasuk juga, berbicara dengan pemerintah daerah sehingga bisa disupport sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

”Kalau misalnya PLN tidak bisa, ya PLN harus menyatakan tidak bisa. Nyatakan saja bahwa PLN tidak sanggup. Kalau misalnya PLN tidak sanggup, masyarakat diajak ngomong bersama-sama bahwa PLN tidak sanggup,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES