Wisata

2016, Wisatawan Asal Malaysia Dominasi Kunjungan di Jawa Timur

Senin, 30 Mei 2016 - 21:15 | 114.11k
Dua turis asing mendapat penjelasan rute wisata dari petugas Malang Tourism Center (MTC). (Foto: Rully Novianto/ MalangTIMES)
Dua turis asing mendapat penjelasan rute wisata dari petugas Malang Tourism Center (MTC). (Foto: Rully Novianto/ MalangTIMES)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jawa Timur  kerap menjadi jujukan wisatawan asing. Selain memliki potensi keindahan alam, Jawa Timur juga menyimpan banyak tempat bersejarah yang berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur, Dwi Cahyono, menjelaskan, selain diminatiwisatawan asal Eropa, Jawa Timur juga kerap dikunjungi wisatawan asal Malaysia, Singapura, dan China. Namun menurutnya, yang mendominasi adalah wisatawan asal Malaysia.

"Saat ini memang Malaysia yang mendominasi kunjungan ke Jawa Timur,” ucap Dwi.

Menurut data yang telah diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Jawa Timur, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Timur melalui pintu masukJuanda pada bulan Maret 2016mencapai 17.894 kunjungan.

Sedangkan bulan Maret 2016, kunjungan wisman ke Jawa Timur didominasi wisman Malaysia, jumlahnya mencapai 4.356,  diikuti kebangsaan Singapura, 2.191 kunjungan, dan kebangsaan Tiongkok sebanyak 3.676.

Dwi menjelaskan, sebagian wisman tertarik mengunjungi Malang, karena kondisi geografisnya yang masih nyaman dan memiliki banyak tempat bersejarah.

Beberapa tempat yang kerap dikunjungi adalah Candi Singosari, Toko Oen, kawasan Kayutangan, dan Jalan Ijen.

Dan mayoritas wisman menjadikan Malang sebagai destinasi wisata sebagai tempat transit sebelum mereka melanjutkan trip wisata menuju Gunung Bromo dan Bali.

“Malang masih menjadi primoda destinasi wisata, banyak wisatawan asing tertarik datang ke Malang dengan satu paket tujuan menuju Gunung Bromo dan Bali,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES