Peristiwa Nasional

Antisipasi Macet Mudik, Gerbang Tol Cikopo Bakal Dipangkas

Jumat, 27 Mei 2016 - 21:34 | 49.09k
Gerbang tol Cikopo akan ditutup mulai Juni 2016 (Foto: tribunnews)
Gerbang tol Cikopo akan ditutup mulai Juni 2016 (Foto: tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gerbang Tol Cikopo akan dihilangkan demi mengantisipasi penumpukan kendaraan di jalan tol, terutama saat antrean pembayaran tarif selama arus mudik Lebaran 2016 mendatang.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis Hidayat Sumadilaga menegaskan dengan kebijakan itu, pembayaran tol akan dialihkan di Gerbang Tol Palimanan.

"Kita akan satukan pembayarannya di ujung, Gerbang Tol Palimanan. Jadi biasanya dari Cikarang ambil tiket dan bayar di Cikopo, ambil tiket lagi bayar di Palimanan, nanti cukup sekali saja di Palimanan," katanya usai Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2016 Terpadu di Kementerian Perhubungan, Jumat (27/5/2016).

Dengan demikian, sepanjang 120 kilometer Cikarang-Palimanan hanya dilakukan satu kali pengambilan tiket dan pembayaran. Kebijakan tersebut akan dilaksanakan mulai 13 Juni mendatang dan akan menjadi sistem permanen, bukan hanya selama arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan uang tunai, tetapi menggunakan nontunai, seperti uang elektronik dan sebagainya. "Salah satu hambatannya itu pembayaran. Upayakan cashless karena sistemnya sudah ada dan tidak memakan banyak waktu," imbuhnya.

Pihaknya juga telah menambah dan memperbaiki marka serta rambu di sepanjang jalan tol. Sementara untuk jalan non-tol, Danis berjanji akan menyelesaikan pekerjaan pada H-30 agar tidak mengganggu arus mudik penumpang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES