Peristiwa Nasional

Gawat! Impor Narkoba Indonesia Sudah Skala Ton

Jumat, 27 Mei 2016 - 23:46 | 61.71k
Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso (Foto: liputan6)
Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso (Foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Polisi Budi Waseso mengklaim bahwa jumlah narkotika dan obat-obatan terlarang yang masuk ke Indonesia jumlahnya sudah dalam ukuran ton, tak lagi cuma skala kilogram.

"Barang narkoba yang masuk jumlahnya sudah dalam ukuran ton. Dari hasil penelusuran, yang jelas informasi didapatkan dari data intelijen yang kita terima," kata Buwas - panggilan akrabnya, di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

BNN sendiri saat ini berupaya mengungkapkan keberadaan narkoba yang diimpor dalam jumlah banyak tersebut. Adapun jenis narkoba yang masuk tersebut jumlahnya macam-macam, termasuk juga jenis varian baru.

"Narkoba yang masuk dalam jumlah besar tersebut terbanyak adalah jenis sabu dan ekstasi darn semua produk dari luar negeri termasuk sabu cair yang terbanyak dari China," imbuhnya.

Demi menguaknya, BNN mengaku sudah melakukan kerjasama dengan interpol di antaranya dari Tiongkok, Taiwan, Rusia dan Pakistan. Kebanyakan informasinya barang tersebut akan dikirim ke Indonesia, namun pelakunya masih dideteksi.

"Kalau di China barang prekursor (bahan pembuatan narkoba) adalah home industry, tidak dilarang dalam undang-undang negara tersebut. Dapat dijual kepada siapa saja dan ketika mulai menjual pembelinya orang Indonesia dan itu diinformasikan," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES