Peristiwa Nasional

Perbaiki Layanan, Wapres JK Desak PNS Ubah Pola Kerja

Jumat, 27 Mei 2016 - 16:01 | 26.84k
Wapres JK tekankan PNS beri pelayanan terbaik untuk masyarakat (Foto: setkab)
Wapres JK tekankan PNS beri pelayanan terbaik untuk masyarakat (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menegaskan jika Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mengubah pola kerjanya agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut wapres, ada 3 hal pokok perubahan pola kerja yang harus dilakukan aparatur sipil negara. Pertama yakni perubahan yang terjadi karena sistim pemerintahan, yang sebelumnya sentralistis namun setelah otonomi daerah menjadi menyeluruh.

"Kita melaksanakan otonomi daerah akibatnya seluruh ASN di pegawai pusat sekarang sebagian besarnya pegawai daerah. Kalau dulu instruksi dari pusat sekarang butuh inovasi-inovasi karena daerah yang menentukan kemajuan daerahnya sendiri," tuturnya.

BACA JUGA: Permudah Pengawasan, Kemendagri Luncurkan ePerda

Kedua adalah perubahan teknologi yakni dengan lebih memanfaatkan kemajuan teknologi seperti e-government, smart city dan sebagainya. Hal ini untuk mempercepat kinerja ASN sehingga tidak perlu berhubungan langsung dengan masyarakat tapi oleh teknologi.

Ketiga adalah persaingan di internal dan luar, persaingan antar negara dan daerah. Menurut Wapres, jika daerah tidak efisien maka penduduknya akan pindah ke daerah lain, begitu pula dalam hal pelayanan, jika tidak baik maka akan mengurangi investasi daerahnya.

"Tiga hal itu harus merubah karakter PNS  kita, harus menjadi inovatif karena tidak ada lagi arahan dari pusat. Untuk itu, ASN harus memiliki keahlian, skill dan kecermatan yang baik," pungkasnya.

Wapres mengingatkan para pegawai negeri sipil, baik di pusat maupun daerah, agar memberikan pelayanan yang paling prima. "Masyarakat butuh pelayanan yang terbaik dan terdepan serta lebih efektif untuk menciptakan kemakmuran rakyat yang lebih baik," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES