Wisata

Genjot Wisata, Yogyakarta Luncurkan Program 1 Hotel 1 Desa

Rabu, 25 Mei 2016 - 17:15 | 71.38k
Ilustrasi. (Foto: paketwisatajogja.net)
Ilustrasi. (Foto: paketwisatajogja.net)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mencoba inovasi baru untuk mengembangkan wisata daerah setempat. Dengan menggunakan konsep menggabungkan perhotelan dengan desa wisata, Dinas Pariwisata Yogyakarta akan meluncurkan program "1 Hotel 1 Desa/Kampung Wisata" pada Senin (30/5/2016 mendatang.

"Keterkaitan hotel dan desa wisata selama ini memang belum ada sehingga melalui program itu kami pertemukan keduanya," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di Yogyakarta, Rabu (25/5/2016).

Lebih lanjut, Aris mengatakan program ini bertujuan memperluas pemasaran desa wisata, meningkatkan sumber daya manusia dan mengangkat potensi lokal yang dimiliki desa wisata, serta peningkatan standar melalui transformasi kapasitas pengelolaan kepariwisataan dari perhotelan.

Program "1 Hotel 1 Desa/Kampung Wisata" akan melibatkan 21 hotel bintang tiga hingga bintang lima dengan 21 desa/kampung wisata di Yogyakarta. Aris menambahkan, 21 desa yang terpilih sudah melalui pembahasan antara Dinas Pariwisata dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY.

Melalui program itu, lanjut Aris, pemasaran desa wisata akan semakin luas menyasar wisatawan domestik maupun mancanegara yang menggunakan layanan perhotelan. Di sisi lain hotel juga mendapatkan kemudahan ketika memiliki program "out door" karena dapat langsung terhubung dengan desa wisata yang menjadi mitranya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES